Pembelajaran Al-Quran Hadits dengan Metode CABHIK (Cara Belajar Hadits Indah dan Kreatif) Di SD Islam Terpadu Annida Sokaraja

Iis Nurjanah, 092331020 (2016) Pembelajaran Al-Quran Hadits dengan Metode CABHIK (Cara Belajar Hadits Indah dan Kreatif) Di SD Islam Terpadu Annida Sokaraja. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (772kB) | Preview
[img] Text
IIS NURJANAH_Pembelajaran Alqur'an Hadits dengan metode CABHIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Al-Quran dan Hadits merupakan sumber utama umat Islam yang berbahasa arab yang memerlukan metode khusus dalam pembelajarannya. Materi Al-Quran dan Hadits memerlukan metode khusus karena apa bila materi ini disampaikan dengan cara yang monoton maka hanya akan menjadikan peserta didik jenuh. Maka dari itu untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan diperlukan metode khusus dalam pembelajaran Al-Quran Hadits.Metode CABHIK tepat digunakan karena pembelajaran terasa sangat menyenangkan dan suasana kelas menjadi hidup karena metode CABHIK ini menghafal Hadits-hadits dengan menggunakan lagu-lagu, dan diterapkan juga dalam mempelajari materi Al-Quran yaitu menghafal arti/terjemah surat-surat pendek (juz ama) dengan menggunakan lagu. Hal ini menjadikan peserta didik sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran Al-Quran Hadits. Peneliti melakukan jenis penelitian lapangan deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan metode penelitian yang dilakukan tersebut dijadikan peneliti untuk mengumpulkan data penelitian. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui proses pembelajaran Al-Quran Hadits dengan metode CABHIK di SD Islam Terpadu Annida Sokaraja Banyumas. Hasil penelitian dipaparkan dalam bentuk narasi, sesuai dengan hasil penelitian yang didapat oleh peneliti. Hasil penelitian mencakup: 1) perencanaan pembelajaran Al-Quran Hadits,dalam perencanaan guru membuat RPP dan memeperhatikan langkah-langkah yang harus ditempuh dalam pembelajaran seperti merumuskan tujuan, materi pelajaran, metode, media dan evaluasi, metode yang digunakan adalah CABHIK, maka sebelum diterapkan guru menentukan lagu yang akan digunakan dalam hafalan dan menguasainya.2) Pelaksanaan pembelajaran Al-Quran Hadits dengan metode CABHIK di SD Islam Terpadu Annida Sokaraja, dalam melaksanakan pembelajaran guru melaksanakan pembelajaran dengan panduan RPP yang telah dibuat sebelumnya. Kata kunci: Pembelajaran Al-Quran Hadits dengan metode CABHIK, SD Islam Terpadu Annida Sokaraja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 18 Jun 2016 04:58
Last Modified: 18 Jun 2016 04:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/263

Actions (login required)

View Item View Item