INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM EKSTRAKURIKULER HADRAH DI MAN PURWOKERTO 2

Qurrota A’yun, 1323301024 (2017) INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM EKSTRAKURIKULER HADRAH DI MAN PURWOKERTO 2. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text
QURROTA A'YUN_INTERNALISASI NILAI-NILAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)

Abstract

Abstrak Penelitian yang penulis lakukan berfokus pada internalisasi nilai-nilai karakter pada peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler hadrah di MAN Purwokerto 2. Adapun latar belakang masalah dari penelitian ini yakni melihat maraknya kejahatan yang kerap terjadi menjadi masalah yang harus diteliti dan akar dari tindakan yang jahat dan buruk terletak pada hilangnya karakter. Maka dari itu nilai-nilai karakter sangatlah penting tertanam pada diri seseorang khususnya peserta didik karena peserta didik adalah generasi penerus bangsa. Nilai-nilai karakter dapat diinternalisasikan melalui berbagai cara, salah satunya melalui program ekstrakurikuler disekolah khususnya ekstrakurikulerh hadrah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Internalisasi Nilai-nilai Karakter Peserta Didik dalam Ekstrakurikuler Hadrah di MAN Purwokerto 2. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil tempat penelitian di MAN Purwokerto 2. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru dan peserta didik. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan teknik analisis data model Milles dan Huberman yang terdiridari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai karakter peserta didik dalam ekstrakurikuler hadrah di MAN Purwokerto 2 terealisasikan dengan baik. Didalamnya terdapat sembilan nilai karakter yang diinternalisasikan. Adapun sembilan nilai tersebut yaitu; Religius, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Rasa Ingin Tahu, Kreatif, Menghargai Prestasi, Peduli, dan Tanggung Jawab. Kesembilan nilai tersebut diinternalisasikan melalui beberapa cara diantaranya seperti pembiasaan, nasihat, pengawasan dan keteladanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai-nilai Karakter, Ekstrakurikuler Hadrah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 18 Aug 2017 06:51
Last Modified: 18 Aug 2017 06:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2621

Actions (login required)

View Item View Item