PENERAPAN STRATEGI QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MI AL-IKHLAS KARANGPUCUNG

Itaul Mutkhonah, 1323310011 (2017) PENERAPAN STRATEGI QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MI AL-IKHLAS KARANGPUCUNG. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text
ITAUL MUTKHONAH_PENERAPAN STRATEGI QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN IPA DI MI AL- IKHLAS KARANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)

Abstract

Melihat betapa pentingnya peran IPA dalam kehidupan manusia, bahkan masa depan suatu bangsa, maka sebagai seorang pendidik yang mengajarkan dasar-dasar IPA merasa terpanggil untuk senantiasa berusahaa meningkatkan mutu mata mata pelajaran IPA dan hasil belajar IPA. Quantum Teaching adalah pengubahan belajar yang meriah dengan segala nuansanya, Quantum Teaching juga menyertakan segala kaitan, interaksi dan perbedaan yang memaksimalkan momen belajar. Quantum Teaching berfokus pada hubungan dinamis dalam lingkungan kelas, interaksi yang mendirikan landasan dan kerangka untuk belajar. Proses belajar mengajar dengan strategi Quantum Teaching dapat membantu merekam, memperkuat, dan mengingat kembali informasi yang telah dipelajari oleh siswa dan hal itu membuat siswa berperan aktif ketika proses belajar mengajar berlangsung. Jenis penelitian ini adalah peneliti lapangan (field research) dan penelitian ini digolongkan ke dalam kualitatif-deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru IPA kelas III, siswa kelas III, dan kepala madrasah. Adapun sumber data tersebut diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan analisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA dan kreatifitas siswa kelas III MI Al-Ikhlas Karangpucung Purwokerto Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi Quantum Teaching dalam pembelajaran IPA sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan di Bab II. Hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa bahwa metode pembelajaran IPA yang digunakan oleh guru kelas III di MI Al-Ikhlas Karangpucung Purwokerto Selatan menggunakan strategi Quantum Teaching. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru memvariasikan beberapa metode sehingga menjadi satu bagian. Mengkombinasikan bermacam-macam metode pembelajaran dengan tujuan untuk memaksimalkan proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai SK dan KD, serta kondisi siswa. Dalam pembelajaran guru melibatkan siswa untuk aktif dalam proses berfikir dan aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mata Pelajaran IPA, Strategi Quantum Teaching dan Pembelajaran aktif.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 18 Aug 2017 03:02
Last Modified: 18 Aug 2017 03:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2618

Actions (login required)

View Item View Item