PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V A1 MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

HENDRI NUGROHO RINI, 1223305039 (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V A1 MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
HENDRI NUGROHO RINI_PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN AL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Strategi pembelajaran aktif adalah suatu cara yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar secara aktif. Tujuan strategi pebelajaran aktif untuk mengoptimalkan semua potensi yang dimiliki oleh peserta didik, sehingga semua peserta didik dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan sesuai dengan karakteristik siswa yang mereka miliki. Belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif bukan hanya mencatat atau duduk manis mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru tetapi terlibat secara langsung dalam pebelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas V A1 MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field reseachdengan jenis penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Dari hasil analisis yang dilakukan oleh penulis, didapakan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif mata pelajaran Ilmu pengetahuan alam di MI istiqomah sambas Purbalingga meliputi : Demonstrasi, Every one is a teacher, True or false, Modelling the way, Reading Aloud, Card sort. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif sudah efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajara Aktif, Mata pelajaran IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 11 Aug 2017 09:38
Last Modified: 11 Aug 2017 09:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2575

Actions (login required)

View Item View Item