Miftakhul Jannah, 1223302031 (2017) ANALISIS MATERI BUKU TEKS TA’LI<MAL-LUGHOH AL-’ARABIYYAH LIL MADRASAH AL-DI<NIYYAH AL-AWWALIYYAHKARYA AHMAD AYYUB. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (365kB) | Preview |
|
Text
MIFTAKHUL JANNAH_ANALISIS MATERI BUKU TEKS TA’LIM AL-LUGHOH AL-’ARABIYYAH LIL MADRASAH AL-DINIYYAH AL-AWWALIYYAH KARYA AH~1.pdf Restricted to Registered users only Download (869kB) |
Abstract
Buku merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam proses pembelajaran.Suatu buku teks tidak hanya dilihat dari penampilannya saja tetapi juga penyajian materi yang akan menambah ketertarikan pembaca bahkan memudahkan memahami materi. Jika sesuatu yang ada dalam buku teks (materi) tersebut salah, maka pengetahuan siswa pun akan ikut salah. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu “bagaimanakah materi (bacaan, latihan dan tahapan penyajian) yang terdapat dalam juz satu pada buku teks TA’LI<MAL-LUGHOH AL-’ARABIYYAH LIL MADRASAH AL-DI<NIYYAH AL-AWWALIYYAHkarya Ahmad Ayyub?”.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis buku teks TA’LI<MAL-LUGHOH AL-’ARABIYYAH LIL MADRASAH AL-DI<NIYYAH AL-AWWALIYYAHkarya Ahmad Ayyub dari aspek bacaan, latihan dan tahapan penyajian yang ada pada juz satu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang berupa penelitian literatur atau biasa disebut dengan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode telaah dokumen dan wawancara untuk pengumpulan bahan. Analisis datanya berupa content analisis, teknik analisis data dilakukan dengan menyesuaikan antara materi pokok buku teks dengan penulisan buku teks bahasa Arab. Hasil dari penelitian ini bacaan (kosakata) dalam buku teks ini sudah cukup memenuhi prinsip dalam pemilihan kosakata dan prinsip yang paling banyak digunakan adalah prinsip frekuensi. Latihan di sini untuk penghafalan dan penguasaan kosakata. Selain itu pada latihan juga terdapat kata berbahasa Indonesia namun penulisannya menggunakan bahasa Arab atau biasa disebut Arab jawi dan/pegon. Latihan juga harus lebih variatif dan penyajian kosakata sesuaikan dengan prinsip gradasi meskipun masih ada loncatan-loncatan materi. Jumlah kosakata yang terdapat dalam buku ini yaitu 164 setengah dari kosakata yang harus dikuasai. Buku ini sudah cukup memenuhi kriteria buku teks yang baik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Materi, Buku Teks, Ta’Li>m Al-Lughoh Al-’Arabiyyah Lil Madrasah Al-Di>niyyah Al-Awwaliyyah |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 03:19 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 03:19 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2556 |
Actions (login required)
View Item |