GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH ALIYAH NEGERI CILACAP TAHUN 2012-2016

Nanda Rizka Umami, 1223303083 (2017) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH ALIYAH NEGERI CILACAP TAHUN 2012-2016. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text
NANDA RIZKA UMAMI_GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH ALIYAH NEGERI CILACAP TAHUN 2012-2016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB)

Abstract

Kepala madrasah yaitu orang yang mendorong, mempengaruhi, membimbing, mengarahkan para pendidik, tenaga kependidikan, siswa dan orang tua siswa untuk bekerjasama atau berperan penting dalam proses pencapaian tujuan. Peran kepala madrasah sangatlah penting dalam proses keberlangsungan dan keberhasilan suatu lembaga pendidikan, perlu adanya kepala madrasah yang pintar sehingga mampu dalam mengambil keputusan atau bebragai persoalan yang ada di lingkungan madrasah yang dipimpinnya. Gaya kepemimpinan yang dianut oleh kepala madrasah dalam menjalankan kepemimpinannya secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah. Penelitian ini bertujuan unutuk mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan kepala madrasah aliyah negeri cilacap tahun 2012-2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah Negeri Cilacap Tahun 2012-2016. Sumber data yang digunakan melalui guru dan para karyawan, dan dengan melalui hasil angket. Hasil dari penelitian gaya kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah Negeri Cilacap Tahun 2012-2016, yaitu menggunakan gaya kepemimpinan demokratis dan otoriter. Gaya kepemimpinan demokratis terlihat dari:(a) Kepala Madrasah Sebagai Pengambil Keputusan terhadap Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Siswa yaitu mengidentifikasi masalah terlebih dahulu apa yang dihadapi, dan Kepala Madrasah melakukan musyawarah dalam menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan. (b) Kepala Madrasah Memberikan Bimbingan dan Motivasi terhadap Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Siswa yaitu pada saat rapat, melakukan program-program madrasah dan saat upacara. Sedangakan gaya kepemimpinan otoriter terlihat dari kepala madrasah dalam membina kedisiplinan kepada bawahan yaitu dengan menerapkan pola disiplin yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 10 Aug 2017 02:40
Last Modified: 10 Aug 2017 02:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2550

Actions (login required)

View Item View Item