PENDIDIKAN KEMANDIRIAN BAGI PEREMPUAN DALAM NOVEL LOVE SPARKS IN KOREA KARYA ASMA NADIA (PENDEKATAN ANALISIS GENDER)

Helda, Lindari (2017) PENDIDIKAN KEMANDIRIAN BAGI PEREMPUAN DALAM NOVEL LOVE SPARKS IN KOREA KARYA ASMA NADIA (PENDEKATAN ANALISIS GENDER). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I-BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text
HELDA LINDARI_PENDIDIKAN KARAKTER KEMANDIRIAN PEREMPUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perempuan memiliki persamaan antar manusia dalam ajaran pokok agama Islam. Namun, dalam masyarakat saat ini perempuan masih dianggap sebagai makhluk yang lemah dibandingkan laki-laki, perempuan hanya memiliki peran sebagai seorang istri dan ibu. Perempuan tidak bisa mengembangkan potensinya karena adanya fenomena ketidakadilan gender yang terjadi dalam masyarakat. Novel Love Sparks in Korea karya Asma Nadia memiliki suatu gagasan atau ide yang menyampaikan perjuangan perempuan menghadapi masalah mengenai Gender, hingga memunculkan karakter kemandidiran bagi perempuan. Dengan kelemahan yang mereka miliki tersebut, karakter kemandirian telah tertanam dalam diri mereka sehingga mereka mampu menghadapi fenomena kediakadilan gender yang terjadi di masyarakat tersebut di berbagai bidang kehidupan, seperti bidang bidang sosial, ekonomi, pendidikan, budaya dan agama. Menggunakan metode analisis gender, yaitu perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam peran, fungsi, hak, tanggung jawab, dan perilaku yang di bentuk oleh tata nilai sosial, budaya dan adat istiadat dari kelompok masyarakat penelitian yang akan di lakukan dalam novel Love Sparks in Korea karya Asma Nadia, bertujuan untuk menemukan beberapa kutipan yang menunjukkan pendidikan karakter kemandirian bagi perempuan. Penelitian ini adalah penelitian pustaka atau library researchyang bersifat kualitatif. Adapun yang dimaksud penelitian pustaka adalah menjadikan bahan pustaka berupa buku, majalah ilmiah, dokumen-dokumen dan materi lainnya yang dapat dijadikan sumber rujukan dalam penelitian. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan karya sastra berdasarkan gender dengan menggunakan kritik sastra feminis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter kemandirian bagi perempuan dalam novel Love Sparks in Korea karya Asma Nadia terdapat dalam beberapa tokoh perempuan dalam novel tersebut yang mampu memiliki karakter kemandiran berpolitik kemandirian ekonomi, kemandirian pendidikan, kemandirian berbudaya dan kemandirian beragama. Pendidikan karakter kemandirian perempuan dalam tokoh perempuan novel Love Sparks in Korea karya Asma Nadia memiliki relevansi dengan materi Pendidikan Agama Islam di SMA/SMK/MA kurikulum 2013 dalam kehidupan sehari-hari. Nilai Pendidikan Islam harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya Iman dan Taqwa dari perempuan muslim di zaman sekarang, karena seorang muslimah dituntut untuk menjadi perempuan yang cerdas, mandiri, kreatif, dan senantiasa menjaga keimanan dan ketaqwaannya untuk menghadapi kehidupan modern.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter Kemandirian Perempuan, Novel Love Sparks in Korea, dan Analisis Gender
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.36 Pendidikan Wanita
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 29 Jul 2017 04:17
Last Modified: 29 Jul 2017 04:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2525

Actions (login required)

View Item View Item