Bahan Ajar Mata Pelajaran Fiqih di MTs Ma’arif NU 11 Purbasari Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga

Zain Ma’ruf, NIM: 102338099 (2016) Bahan Ajar Mata Pelajaran Fiqih di MTs Ma’arif NU 11 Purbasari Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (867kB) | Preview
[img] Text
ZAIN MA’RUF_BAHAN AJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs MA’ARIF NU 11 PURBASARI KECAMATAN KARANGJAMBU KABUPATEN PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru atau instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. Dengan bahan ajar memungkinkan siswa dapat mempelajari suatu kompetensi atau kompetensi dasar secara runtut dan sistematis sehingga secara akumulatif mampu menguasai semua kompetensi secara utuh dan terpadu. Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan guru atau instruktor untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran. Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya variasi dalam penggunaan bahan ajar yang dilakukan guru Fiqih di MTs ma’arif NU 11 Purbasari ketika menyampaikan materi pelajaran Fiqih sehingga peserta didik mampu menguasai kompetensi yang diinginkan dalam tujuan pembelajaran. Dalam pembelajaran Fiqih peserta didik harus mampu membaca, menulis, menghafal, memahami, bahkan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Berangkat dari hal inilah, seorang pendidik harus mampu untuk mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan materi pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bahan Ajar Apa Saja Yang di Gunakan Dalam Pembelajaran fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif NU 11 Purbasari Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk memperoleh informasi dan penjelasan secara langsung yang menggambarkan pengembangan bahan ajar mata pelajaran fiqih. Kemudian metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran Fiqih. Selanjutnya, metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang keadaan MTs Ma’arif NU 11 Purbasari seperti letak geografis, sejarah berdirinya, visi dan misi, struktur organisasi, keadaan pendidik dan peserta didik, serta sarana prasarana yang ada didalamnya. Sedangkan untuk menganalisis data, yang penulis lakukan adalah menelaah seluruh data, mengolah data, menyajikan data, dan memverifikasi data yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini yaitu Bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran Fiqih di MTs Ma’arif NU 11 Purbasari, yaitu LKS ( lembar kerja siswa ), Qitab Tenang Ilmu Fiqih, Buku paket, dan audio. Dimana dalam proses pembelajarannya pendidik tidak hanya menggunakan satu bahan ajar saja melainkan menggunakan berbagai bahan ajar dan mengkombinasikannya dengan baik. Pengembangan bahan ajar yang dilakukan oleh pendidik sudah sesuai dengan yang disampaikan penulis pada landasan teori yaitu Bab II. Kata kunci : Bahan Ajar, Fiqih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 17 Jun 2016 06:45
Last Modified: 17 Jun 2016 06:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/252

Actions (login required)

View Item View Item