IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MODERN SATU ATAP AL-AZHARY AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Eli Nur, Widiati (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MODERN SATU ATAP AL-AZHARY AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I-BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text
ELI NUR WIDIATI_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN DI MI MODERN SATU ATAP AL-AZHARY AJIBA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB)

Abstract

Implementasi pembelajaran membaca Al-Qur’an merupakan penerapan pembelajaran sebagai salah satu upaya pendidikan dasar dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Belajar membaca Al-Qur’an adalah perintah awal yang perlu bagi umat islam khususnya dan manusia pada umumnya. Belajar tersebut meliputi belajar mendengarkan bacaan Al-Qur’an, menirukan, mengenal symbol tulisan Al-Qur’an, dan belajar membaca serta melafalkan simbol bacaan tersebut dengan dipraktekkan secara langsung dalam proses pembelajaran dalam suatu rangkaian yang dirancang sebagai aktivitas belajar membaca Al-Qur’an, guna menciptakan peserta didik yang berkualitas dan menjadikan potensi peserta didik sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) yang Qur’ani. Dalam mewujudkan harapan tersebut perlu adanya prosedur yang terencana yang tercipta dari adanya komponen-komponen yang mendukung dalam kegiatan pembelajaran membaca Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, serta pengumpulan data dilakukan secara langsung di lokasi penelitian. Dalam penelitian ini peneliti menggambarkan mengenai implementasi pembelajaran membaca Al-Qur'an di kelas IV MI Modern Satu Atap Al-Azhary Ajibarang Kabupaten Banyumas. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru, dan Siswa kelas IV MI Modern Satu Atap Al-Azhary Ajibarang kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dalam analisis data, peneliti menggunakan teori Miles dan Humberman yaitu mulai dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran membaca Al-Qur’an di kelas IV sudah baik, serta dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan. Dengan target acuan sebagai bahan materi pembelajaran yang dipersiapkan guru dalam mengajar. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Iqra’, metode sorogan, metode tartil, metode tanya jawab, metode ceramah, metode latihan dan metode teman sebaya, serta menggunakan media cetak dan elektronik. Kemudian evaluasi dilakukan secara rutin dan terprogram dalam ulangan umum semester. Keberhasilan pembelajaran merupakan tanggung jawab dari seluruh warga madrasah, yaitu Kepala Madrasah, Guru, dan Staff Karyawan, serta peserta didik dan orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran membaca Al-Qur’an, MI Modern Satu Atap Al-Azhary Ajibarang Kabupaten Banyumas
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 28 Jul 2017 07:34
Last Modified: 28 Jul 2017 07:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2516

Actions (login required)

View Item View Item