HUBUNGAN MINAT MEMBACA DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH PENARUBAN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

DEWI TRI, HIDAYATI (2017) HUBUNGAN MINAT MEMBACA DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH PENARUBAN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
DEWI TRI HIDAYATI_HUBUNGAN MINAT MEMBACA DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)

Abstract

Minat membaca merupakan kecenderungan jiwa yang mendorong seseorang berbuat sesuatu terhadap membaca. Membaca dapat menambah pengetahuan dan informasi bagi yang melakukan. Perpustakaan sekolah menyediakan berbagai informasi dan pengetahuan. Siswa yang memiliki informasi dan pengetahuan yang banyak dapat meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat membaca di perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa MI Muhammadiyah Penaruban Purbalingga tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, karena hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik dan diwujudkan dalam bentuk angka. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Penaruban. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Jenuh yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah kuisioner dan nilai rata-rata rapot, serta informasi tambahan dari responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang minat membaca di perpustakaan sangat baik adalah 42%, baik 53%, cukup baik 4%, dan tidak baik 1%. Dari data yang diperoleh prestasi belajar siswa 22 anak mendapatkan nilai baik dan 2 anak mendapatkan nilai cukup baik. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikasi adalah 0,02 < 0,05 dan nilai pearson correlation (r) yang diperoleh adalah 0,471. Hasil yang didapat menunjukan adanya hubungan minat membaca di perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa MI Muhammadiyah Penaruban Purbalingga tahun pelajaran 2016/2017 dengan tingkat hubungan yang sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat membaca di perpustakaan sekolah, prestasi belajar siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 27 Jul 2017 01:26
Last Modified: 27 Jul 2017 01:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2505

Actions (login required)

View Item View Item