UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH 2 SLINGA KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA

Uswatun Khasanah, NIM :1323305142 (2017) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH 2 SLINGA KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (903kB) | Preview
[img] Text
USWATUN KHSSANAH_UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kecerdasan emosional (EQ) adalah kemampuan seseorang memotivasi diri sendiri, mengatasi frustasi, mengontrol desakan hati, mengatur suasana hati, berempati serta kemampuan bekerja sama dengan orang lain. Kecerdasan emosional merupakan faktor lain yang menyumbang 80% bagi kesuksesan seseorang. Upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional sangatlah diperlukan dalam sebuah pembelajaran. Adapunupaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional yakni: Mengembangkan empati dan kepedulian, Mengajarkan kejujuran dan integritas, serta Mengajarkan memecahkan masalah. Penelitianinibertujuanmengetahui Upaya Gurudalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MI Muhammadiyah 2 Slinga Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Penelitianini termasukjenispenelitiankualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisisyaitu peneliti memaparkan keadaan di lokasi penelitian apa adanya dalam bentuk kata atau kalimat. Penelitianini dilakukan di MI Muhammadiyah 2 Slinga Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Subyek penelitian ini adalah Guru Bahasa Indonesia dan Peserta didik kelas IV. Teknik penentuan subyek termasuk teknik Purposive Sampling, dimana teknik ini berdasarkan pertimbangan tertentu karena dianggap subyek merupakan ahli dari obyek yang akan diteliti. Obyek penelitian ini adalah Upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV. Teknikpengumpulan data padapenelitianiniadalahwawancara, observasi, dandokumentasi. Teknik pengumpulan data ini termasuk triangulasi yang artinya peneliti mengumpulkan data sekaligus menguji kredibilitas data. Teknikanalisis data yang digunakanadalahdata reduction (reduksi data), datadisplay (penyajian data),conclutiondrawing atauverification. Hasil penelitian menunjukan bahwa Upaya Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MI Muhammadiyah 2 Slinga Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga telah dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hal ini menunjukan bahwa MI Muhammadiyah 2 Slingaguru Bahasa Indonesianya telah melakukan upaya meningkatkan kecerdasan emosional pada pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, Kecerdasan emosional, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 25 Jul 2017 08:05
Last Modified: 25 Jul 2017 08:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2500

Actions (login required)

View Item View Item