ANALISIS TERHADAP KOMODIFIKASI TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN ES KRIM MAGNUM VERSI PINK & BLACK

DEDE SUSANTI, NIM. 1123102019 (2016) ANALISIS TERHADAP KOMODIFIKASI TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN ES KRIM MAGNUM VERSI PINK & BLACK. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (605kB) | Preview
[img] Text
DEDE SUSANTI_ANALISIS TERHADAP KOMODIFIKASI TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN ES KRIM MAGNUM VERSI PINK & BLACK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tubuh perempuan dalam dunia periklanan masa kini dijadikan sebagai komoditas dalam menarik perhatian publik. Hal ini sejalan dengan fenomena komodifikasi tubuh perempuan dalam iklan. Dari latar belakang di atas penulis pun tertarik dengan salah satu iklan televisi yaitu iklan es krim Magnum versi Pink and Black untuk dijadikan bahan penelitian. Dimana dalam iklan tersebut tubuh perempuan dijadikan alat komodifikasi, melihat persoalan tersebut, maka perumusan masalah pada penelitian ini adalah: pertama,Bagaimanakah bentuk-bentuk komodifikasi yang diciptakan dalam iklan es krim Magnum versi Pink and Black? Kedua, Bagaimanakah konsep komodifikasi tubuh perempuan dalam iklan es krim Magnum versi pink and black?. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh adalah Video iklan es krim Magnum Pink and Black, produksi PT (Walls) Unilever. Selain itu, data yang diperoleh juga dari data resmi: buku, jurnal, makalah, artikel, dan hasil penelitian yang sudah ada sebelumnya yang relevan dengan penelitian ini. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komodifikasi Marxisme. Hasil Penelitian ini menegaskan bahwa kemolekan tubuh perempuan selalu dijadikan komoditas yang mampu mengakumulasi modal atau menghasilkan keuntungan. Karena perempuan adalah pasar yang sangat besar dalam industri media yang dipercaya mampu menguatkan pesan iklan. Konsep komodifikasi dalam iklan es krim Magnum versi Pink and Black ini sendiri yaitu menggunakan daya tarik seks dengan maksud menarik perhatian khalayak yang dapat membangkitkan sugesti seksual dengan menunjukkan beberapa fragmen tubuh vitalnya secara ‘eksklusif’ yang ditampilkan dengan visualisasi penjungkirbalikan sang model yang dilakukan dua kali dalam pemutaran iklannya. Serta bentuk-bentuk komodifikasinya yaitu komodifikasi konten dimana konten/pesannya berupa materi seksual dan berisikan gambar sang model dengan pose sensual, komodifikasi khalayak dalam iklan ini adalah orang-orang yang mengonsumsi produk yang dihasilkan oleh media. Dan terakhir komodifikasi pekerja yang dimanfaatkan tenaganya dalam kegiatan produksi dan distribusinya oleh pemilik modal. Kata kunci : Komodifikasi, Iklan, Tubuh Perempuan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4502 Aspek tertentu dari televisi
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 17 Jun 2016 01:45
Last Modified: 10 Aug 2016 01:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/250

Actions (login required)

View Item View Item