Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IV MI Ma’arif NU Tamansari Karanglewas Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014

Siti, Nurfatonah (2017) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IV MI Ma’arif NU Tamansari Karanglewas Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR ISI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text
SITI NURFATONAH_PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)

Abstract

Keberhaasilan pendidikan tidak terlepas dari unsur – unsur pendidik yang meliputi pendidik, peserta didik, kurikulum, media, metode, strategi dan lingkungan. Sehingga peneliti meneliti penerapan strtegi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas IV MI Maarif nu Tamansari Karanglewas Banymas Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Disinilah posisi strategi pembelajaran aktif menjadi penting dalam pembelajaran untuk membantu memudahkan memahami pelajaran yang kurang menarik menjadi tertarik. Proses keberhasilan belajar mengajar Mata pelajaran Aqidah Akhlak yang menggunakan strategi pembelajaran aktif sudah sesuai. Dengan dibuktikan adanya hasil penilaian peserta didik meningkat serta pelajaran pelajaran menjadi efisien dan menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan tehnik pengelolaan data dari sumber data, Datanya diperoleh melalui wawancara, observasi langsung dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan analisis deskriptif kulitatif melalui berfikir deduksi Dalam hal ini penelitian menunjukan bahwa salah satu usaha untuk mengatasi pembelajaran yang efektif ialah dengan penerapan strategi pembelajaran aktif. Strategi sebagai perencanaan kegiatan yang didesain agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Pada Pelajaran Aqidah Akhlak kelas IV MI Maarif NU Tamansari adalah card sort,dan index card match. Pelajaran dimulai dengan mengulas materi sebelumnya yaitu asmaul husna dengan menggunakan metode tanya jawab, peserta didik menjawab pertanyaan dari guru tentang asmaul husna. Guru menjelaskan Nama-Nama Kitab Allah, dan Cara Mengimaninya peserta didik pun duduk mendengarkan guru menjelaskan, kemudian guru membagi kartu ke semua peserta didik. Paada materi aklak tercela guru menggunakan strategi every one is teacer here guru memanggil salah satu peserta didik maju kedepan untuk membacakan pertanyaan yang telah ditulis, peserta didik yang lain merespon. Strategi ini membuktikan bahwa peserta didik aktif dan antusias dalam mengikuti pelajaran. Dan hasil belajar peserta didik mencapai KKM yang sudah ditetapkan. Sedankan factor penghambat pembelajaran antara lain terbatasnya alokasi waktu, kelas menjadi ramai, terkadang guru tidak bisa mengendalikan suasana kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran aktif, aqidah akhlak , MI Maarif NU Tamansari
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 24 Jul 2017 03:31
Last Modified: 24 Jul 2017 03:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2489

Actions (login required)

View Item View Item