PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKUL TURAL DI SMA N 1 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Mu'tasiman, Bilahi (2017) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKUL TURAL DI SMA N 1 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I & V, Dapus.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text
Skripsi fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural adalah salah satu model pembelajaran pendidikan agama Islam yang dikaitkan pada keragaman yang ada, entah itu keragaman agama, paham keagamaan, etnis, bahasa dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan karena banyak kita jumpai di sekolah-sekolah umum (bukan bercirikan Islam) di dalam satu kelas saja terdiri dari berbagai siswa yang berasal dari bragai latar belakang, ada yang berbeda agama, etnis, bahasa, suku, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berwawasan multikultural di SMA N 1 Purwokerto, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berwawasan multikultural di SMA N 1 Purwokerto, untuk mengetahui evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam berwawasan multikultural di SMA N 1 Purwokerto, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran pendidikan agama Islam berwawasan multikultural di SMA N 1 Purwokerto. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah SMA N 1 Purwokerto, Waka Kurikulum dan dua guru PAI yang ada. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasikan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bewawasan multikultural di SMA N 1 Purwokerto sudah diaplikasikan dalam pembelajaran PAI di dalam kelas maupun interaksi antar guru dan peserta didik di luar kelas. Hal ini ditandai dengan adanya interaksi yang baik antar peserta didik atau antar peserta didik dengan guru. Sesuai dengan tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam pada tingkat sekolah menengah atas adalah untuk menciptakan akhlak mulia dan memiliki rasa kasih sayang kepada semua manusia dan kepada segenap unsur alam. Tujuan dari pendidikan agama Islam berwawasan multikultural untuk menghargai perbedaan yang ada demi terciptanya keharmonisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Materi Pendidikan Agama Islam, Multikultural
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.37 Perbandingan sistem pendidikan Islam dengan sistem pendidikan lainya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 21 Jul 2017 02:33
Last Modified: 24 Jul 2017 01:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2478

Actions (login required)

View Item View Item