IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI MI TASMIRUSSIBYAN KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS

LELYKA NUR VALENTIN, NIM, 1323305054 (2017) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI MI TASMIRUSSIBYAN KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text
LEYLYKA NUR VALENTIN_IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING STICK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kelas IV MI Tasmirussibyan, merupakan kelas yang sudah menerapkan strategi Talking Stick pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian guna mengkaji tentang penerapan strategi Talking Stick pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IV di MI Tasmirussibyan, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Implementasi Strategi Pembelajaran Talking Stick pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di MI Tasmirussibyan Kecamatan kemranjen Kabupaten Banyumas”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Strategi Talking Stick apakah sudah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan ataukah belum. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldresearch) yaitu peneliti melihat secara langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait implementasi strategi Talking Stick. Objek dalam penelitian ini adalah strategi Talking Stick pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Tasmirussibyan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data dengan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini, implementasi strategi Talking Stick padamata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam proses pembelajarannya dilakukan dengan tigatahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi Talking Stick pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan di Bab II. Semua rangkaian penerapan strategi Talking Stick tersebut sudah berjalan secara efektif dan efisien terbukti dengan peserta didik yang lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Talking Stick, Ilmu Pengetahuan Sosial.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 21 Jul 2017 02:10
Last Modified: 21 Jul 2017 02:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2475

Actions (login required)

View Item View Item