Tutuk, Ningsih BUDAYA PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH BERBASIS AGAMA DI SMP NEGERI- 8 PURWOKERTO. -. (Submitted)
|
Text
BUDAYA PENDIDIKAN KARAKTER.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang beberapa hal yaitu sebagai berikut: (1) proses pembentukan budaya sekolahg berbasis agama Islam dalam pendidikan karakter di SMPN-8 Purwokerto, (2) bentuk budaya sekolah berbasis agama, dan (3) pengaruh budaya sekolah berbasis agama terhadap keberhasilan pendidikan karakter di sekolah. Teknik pengumpulan data untuk penelitian kualitatif yang digunakan adalah pengamatan partisipan (partisipant observation), wawancara mendalam (in-depth interviewing) dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul terlebih dahulu dilakukan verifikasi. Dalam penelitian ini teknik pemeriksaan keabsahan data ditempuh melalui konfirmasi antar dokumen, konfirmasi hasil wawancara antar informan dan konfirmasi antar dokumen dengan hasil wawancara. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model interaktif. Analisis data model interaktif, adalah upaya berlanjut, berulang dan terus menerus antara melakukan pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction); penyajian data (data display), mengambil kesimpulan (conclusions drawing/ verification). Hasil penelitian memberikan beberapa kesimpulan sebagai berikut, yaitu (1) proses Proses pembentukan budaya sekolah berbasis agama dalam pembentukan karakter meliputi 18 nilai budaya karakter, yaitu meliputi nilai-nilai: religius, jujur, toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai prestasi, Bersahabat/ Komunikatif, Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung Jawab, dan Kreatif; (2) Bentuk Budaya Sekolah Berbasis Agama dalam Pendidikan Karakter di SMPN-8 Prurwokerto, dilakukan setiap pagi sebelum mengawali jadwal mata pelajaran, dan melalui kegiatan ekstra Baca Tulis Al-Qur’an dan Shalat Berjamaah. Di samping itu pada setiap hari jum’at bagi siswa putri diadakan kegiatan Taklim Putri, sedangkan bagi siswa mengikuti shalat jum’atan; dan (3) Pengaruh Budaya Sekolah Berbasis Agama Terhadap Keberhasilan Pendidikan Karakter di SMPN-8 Prurwokerto menunjukkan sangat positip. Hal tersebut antara lain ditunjukkan semakin kondusifnya nilai- nilai budaya sekolah yang berkarakter yang dilakukan oleh perilaku warga sekolah, baik siswa, guru, karyawan, dan kepala sekolah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya, Pendidikan Karakter, Berbasis Agama. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Pascasarjana > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | Mrs Hanik Nurdiana Sabita |
Date Deposited: | 04 Jul 2017 07:07 |
Last Modified: | 25 Mar 2021 14:37 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2463 |
Actions (login required)
View Item |