PENERAPAN STRATEGI STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMK NU 01 BELIK KABUPATEN PEMALANG

Khuryono, NIM. 102338162 (2017) PENERAPAN STRATEGI STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMK NU 01 BELIK KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I-BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text
Khuryono_PENERAPAN STRATEGI STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu komponen penting dalam kegiatan pembelajaran adalah model pembelajaran yang digunakan. Salah satu model pembelajaran yang memungkinkan siswa aktif dalam belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Strategi Student Facilitator and Explaining dikembangkan untuk mencapai setidak-tidaknya tiga tujuan pembelajaran penting, yaitu hasil belajar akademik siswa yang meningkat, penerimaan terhadap keragaman dan pengembangan keterampilan sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di SMK NU 01 Belik. Objek penelitian ini adalah Strategi Student Facilitator And Explaining dan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas XI Ak di SMK NU 01 Belik Pemalang. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah guru yang mengajar di kelas XI Ak, namun yang menjadi subjek penelitian penulis adalah kelas XI Ak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi pembelajaran perawatan jenazah dan iman kepada Rasul-rasul Allah yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Hal ini menunjukan bahwa model pebelajaran Student Facilitator and Explaining ini mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Sehingga dapat dijadikan alternative bagi guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Student Facilitator and Explaining ( SFE) banyak kemajuan untuk siswa, seperti keaktifan siswa meningkat drastis dan juga dapat mengkritisi suatu masalah atau kejadian yang akan dialami, ada hambatan yang dialami apabila siswa kurang aktif atau peserta didiknya pemalu, inilah yang membuat strategi ini kurang baik ketika di gunakan untuk peserta didik yang kurang aktif atau kurang kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Strategi , Student Facilitator and Explaining (SFE)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:09
Last Modified: 19 Jun 2017 04:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2447

Actions (login required)

View Item View Item