PEMBINAAN AKHLAK BAGI SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA

LILI HASTUTI, NIM. 1323301224 (2017) PEMBINAAN AKHLAK BAGI SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text
LILI HASTUTI_PEMBINAAN AKHLAK BAGI SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB)

Abstract

Globalisasi memberikan dampak positif dan negatif. Dampak negatif inilah yang harus kita atasi bersama seperti individualistik, materialistik, dan mentalitas jalan pintas. Globalisasi yang sudah mendunia dimana Indonesia juga tergabung didalamnya, negara kita harus siap akan arus globalisasi dalam rangka menjawab kebutuhan pasar namun tetap mempertahankan nilai-nilai moral atau akhlak. Maka dari itu diperlukan pendidikan nilai. Kebutuhan pasar dapat diisi dengan ketenagakerjaan atau wirausaha. Pekerja dengan dimilikinya akhlak mulia dipastikan dapat menangkis efek negatif globalisasi. SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga sebagai sekolah yang arahnya lebih kepada tenaga kerja yang juga mengedepankan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab lima persoalan penting yakni seperti apa peran pendidik, metode, dampak, hasil nyata, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak bagi siswa di SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi berperan serta (Participant Observation), wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan model Miles and Huberman yang mencakup tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidik dalam pembinaan akhlak bagi siswa di SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga berperan sebagai contoh atau teladan. Metode yang digunakan ada beberapa yaitu pendidikan, keteladanan yang diiringi pembiasaan yang mana pembiasaan ini ada pembiasaan seluruh siswa dan masing-masing jurusan, metode berikutnya yakni berupa aturan dan tata tertib, pemberian ganjaran (reward), pemberian hukuman (punishment), serta pemberian nasihat, dengan hasil yang cukup memuaskan. Selanjutnya faktor pendukung pembinaan akhlak bagi siswa di SMK ini adalah dukungan dari Kepala sekolah, keadaan sekolah, dan sebagainya. Sementara faktor penghambat dari pembinaan akhlak ini adalah terkait waktu, siswa yang beragam, dan sebagainya. Sebagai solusi diadakan pengajian atau kultum khusus baik untuk pendidik maupun siswa dengan waktu yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Akhlak, Siswa, SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 10 Jun 2017 07:21
Last Modified: 10 Jun 2017 07:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2430

Actions (login required)

View Item View Item