KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 8 PURWOKERTO

NURUL HIDAYAH, NIM.1223301129 (2017) KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 8 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I-BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text
NURUL HIDAYAH_ KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 8 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Guru merupakan makhluk sosial dan sebagai bagian dari masyarakat yang senantiasa berinteraksi dengan yang lain untuk menjaga hubungan agar tetap berlangsung dalam suasana yang kondusif. Tugas kemanusiaan salah satu segi dari tugas guru.Sisi ini tidak bisa guru abaikan, karena guru harus terlibat dengan kehidupan di masyarakat dengan interaksi sosial.Sementara itu, dalam UU Nomor 14 tahun 2005, pada pasal 8 disebutkan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Dalam pasal 10 disebutkan bahwa kompetensi sebagaimana dimaksud pada pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Kompetensi sosial sebagai bagian dari empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, memiliki peranan yang penting di dalam keberhasilan pendidikan secara umum sebagaimana tiga kompetensi yang lain. Seorang guru yang memiliki kompetensi sosial akan mampu berkomunikasi dengan peserta didik, sesama pendidik, atasan, tenaga kependidikan, dan masyarakat secara efektif, simpatik, dan santun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 8 Purwokerto. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 8 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 8 Purwokerto dengan subjek utama penelitian adalah guru PAI yang berjumlah 3 (tiga) orang yaitu Rano Subehi, S. Pd, Slamet Suparno, S.Ag dan Eti Fajar Mari’fah, S.Hi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, meode wawancara, dan metode dokumentasi. Dari hasil analiss data, maka dapat disimpulkan bahwa apa yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 8 Purwokerto dalam menjalin hubungan, baik dengan peserta didik, dengan sesama guru, dengan tenaga kependidikan, dan dengan orangtua/wali peserta didik maupun dengan masyarakat tersebut sesuai dengan kompetensi yang ada dalam Permendiknas No. 16 tahun 2007.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sosial, Guru PAI, Komunikasi Guru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 10 Jun 2017 07:15
Last Modified: 10 Jun 2017 07:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2429

Actions (login required)

View Item View Item