PENDIDIKAN NILAI RELIGIUS REMAJA OLEH POSDAYA BERBASIS MASJID DI DESA PURBAYASA KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA

Angga Feri Setyawan, 1123301184 (2017) PENDIDIKAN NILAI RELIGIUS REMAJA OLEH POSDAYA BERBASIS MASJID DI DESA PURBAYASA KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ANGGA FERI SETYAWAN_PENDIDIKAN NILAI RELIGIUS REMAJA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_ABSTRAK_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Latarbelakangpenelitianinimunculberangkatdarikenyataanbahwaposdaya Ar-Rahman inimempunyai program-program pendidikan yang dapatmembentukpara remaja di posdaya Ar-Rahman ini memiliki nilai religius yang sesuaidenganajaran-ajaranIslam.Selaindari program kegiatankeagamaanadajuga program ekstra dimana program inisangatberkaitandenganskilsremajanantinyaakanmembanturemajadalammembentukkepribadiannyamenjadimuslimsejati, dandapatmengaplikasikandanmeneruskan yang sudahmenjadikebiasaanbaik di lingkunganposdaya, keluarga, maupun di lingkunganmasyarakat. Penelitianinimerupakanjenispenelitianlapangan (field research) yang bersifatkualitatifdeskriptif, denganmengambillokasipenelitian di PosdayaAr-RahmanDesaPurbayasa.Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanmetodeobservasi, wawancaradandokumentasi.Pengumpulan data dilakukandenganmenggalisumber data yaitu ketua posdaya, pembina posdaya, ketua remaja posdaya, orangtua remaja anggota posdaya dan anggota remaja posdaya, jugapengamatanterhadapkegiatan di posdaya.Adapunobjekpenelitianiniadalahpendidikannilaireligiusremaja di PosdayaAr-RahmanDesaPurbayasa. Hasilpenelitianmenunjukan: 1) Bentukkegiatan-kegiatan yang dapatmembentukkepribadianmuslimremaja, yang manadilaksanakansecarakontinuedansudahterjadwal, yang terdiridarikegiatan-kegiatankeagamaandankegiatanekstra(skiils) yang manadilaksanakandengankeseharian, mingguan, bulananbahkanjangkawaktu yang panjang. 2) Metode yang digunakanyaitupembiasaan, keteladanan, nasehat, perhatian/pengawasandanhukuman. 3) Faktorpendukungpendidikannilaireligiusremajaantaralain rasa tanggungjawab yang tinggidaripengasuh, pengurusdan pembina di posdaya, adanyakegiatankeagamaan yang sudahterorganisir, baikkegiatankeagamaanmaupunekstra, danhubungan yang baikantaraposdaya Ar-Rahman denganwargamasyarakatsekitar. 4) Faktorpenghambatantaralainmasihminimnyafasilitas yang ada, masihkurangnyakesadaran remaja terhadapkegiatan yang ada, pengaruhnegatifdariluar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Nilai Religius, Remaja, Pendidkan Nilai Religius Remaja.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.344 Pendidikan Keterampilan Khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Apr 2017 02:30
Last Modified: 21 Apr 2017 02:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2399

Actions (login required)

View Item View Item