Angga Feri Setyawan, 1123301184 (2017) PENDIDIKAN NILAI RELIGIUS REMAJA OLEH POSDAYA BERBASIS MASJID DI DESA PURBAYASA KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.
Text
ANGGA FERI SETYAWAN_PENDIDIKAN NILAI RELIGIUS REMAJA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
COVER_DAFTAR ISI_ABSTRAK_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (437kB) | Preview |
Abstract
Latarbelakangpenelitianinimunculberangkatdarikenyataanbahwaposdaya Ar-Rahman inimempunyai program-program pendidikan yang dapatmembentukpara remaja di posdaya Ar-Rahman ini memiliki nilai religius yang sesuaidenganajaran-ajaranIslam.Selaindari program kegiatankeagamaanadajuga program ekstra dimana program inisangatberkaitandenganskilsremajanantinyaakanmembanturemajadalammembentukkepribadiannyamenjadimuslimsejati, dandapatmengaplikasikandanmeneruskan yang sudahmenjadikebiasaanbaik di lingkunganposdaya, keluarga, maupun di lingkunganmasyarakat. Penelitianinimerupakanjenispenelitianlapangan (field research) yang bersifatkualitatifdeskriptif, denganmengambillokasipenelitian di PosdayaAr-RahmanDesaPurbayasa.Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanmetodeobservasi, wawancaradandokumentasi.Pengumpulan data dilakukandenganmenggalisumber data yaitu ketua posdaya, pembina posdaya, ketua remaja posdaya, orangtua remaja anggota posdaya dan anggota remaja posdaya, jugapengamatanterhadapkegiatan di posdaya.Adapunobjekpenelitianiniadalahpendidikannilaireligiusremaja di PosdayaAr-RahmanDesaPurbayasa. Hasilpenelitianmenunjukan: 1) Bentukkegiatan-kegiatan yang dapatmembentukkepribadianmuslimremaja, yang manadilaksanakansecarakontinuedansudahterjadwal, yang terdiridarikegiatan-kegiatankeagamaandankegiatanekstra(skiils) yang manadilaksanakandengankeseharian, mingguan, bulananbahkanjangkawaktu yang panjang. 2) Metode yang digunakanyaitupembiasaan, keteladanan, nasehat, perhatian/pengawasandanhukuman. 3) Faktorpendukungpendidikannilaireligiusremajaantaralain rasa tanggungjawab yang tinggidaripengasuh, pengurusdan pembina di posdaya, adanyakegiatankeagamaan yang sudahterorganisir, baikkegiatankeagamaanmaupunekstra, danhubungan yang baikantaraposdaya Ar-Rahman denganwargamasyarakatsekitar. 4) Faktorpenghambatantaralainmasihminimnyafasilitas yang ada, masihkurangnyakesadaran remaja terhadapkegiatan yang ada, pengaruhnegatifdariluar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Nilai Religius, Remaja, Pendidkan Nilai Religius Remaja. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.344 Pendidikan Keterampilan Khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 21 Apr 2017 02:30 |
Last Modified: | 21 Apr 2017 02:30 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2399 |
Actions (login required)
View Item |