Pola Komunikasi Kyai dan Santri dalam Proses Pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Muzani Karangjati Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap.

Fajar Hidayaturrochman, 1223301034 (2016) Pola Komunikasi Kyai dan Santri dalam Proses Pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Muzani Karangjati Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
FAJAR HIDAYATUROCHMAN_POLA KOMUNIKASI KYAI DAN SANTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Komunikasi merupakan sesuatu yang sangat penting peranannya dalam kehidupan manusia ketika bersosialisasi. Dalam proses pembelajaran pada hakikatnya merupakan proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari komunikator (guru) kepada komunikasn (siswa) dengan menggunakan saluran media tertentu. Tanpa komunikasi maka tidak akan tercapai secara maksimal dalam mendapatkan sebuah hasil yang diinginkan. Akan tetapi untuk mencapai hal tersebut tidak boleh melakukan komunikasi secara sembarangan, diperlukan pola dan metode komunikasi yang tepat sebagai penyokong kebutuhan pesan oleh seorang kyai kepada santrinya. Oleh karena itu, penulis merumuskan tentang pola komunikasi dan metode yang digunakan oleh kyai dan santri dalam proses pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Muzani Karangjati kecamatan Sampang kabupaten Cilacap? Adapaun yang diangkat berhubungan dengan pola komunikasi itu sendiri, dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui pengamatan lapangan, wawancara dan dokumentasi di Pondok Pesantren Darul Muzani secara langsung. KH. Abdul Mughits, sebagai seorang kyai di pondok pesantren Darul Muzani dalam proses pembelajaran menggunakan berbagai macam bentuk atau pola komunikasi dan metode yaitu pola komunikasi interpersonal, pola komunikasi kelompok kecil dan pola komunikasi intruksional, semua komunikasi yang digunakan oleh kyai dilakukan secara tatap muka melalui lisan dan komunikasi seperti ini sangat efektif dalam proses pembelajaran baik di dalam maupun di luar ruangan. Kemudian metode yang digunakan adalah metode tanya jawab, metode penugasan, metode menyimak, metode demonstrasi, metode motivasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Kyai dan Santri, Proses Pembelajaran, Pondok pesantren.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 04 Apr 2017 03:06
Last Modified: 04 Apr 2017 03:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2354

Actions (login required)

View Item View Item