EVALUASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD NEGERI 1 TANJUNG PURWOKERTO Oleh :MenikSulistyaningsih NIM 1223303081

MenikSulistyaningsih, 1223303081 (2017) EVALUASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD NEGERI 1 TANJUNG PURWOKERTO Oleh :MenikSulistyaningsih NIM 1223303081. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
MANIK SULISTYANINGSIH_EVALUASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF .pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

KebijakanPendidikanInklusifmasihmenyisakanberbagaipermasalahankhususnyadalam proses pengimplementasiannya. Sepertibelumadanyapemahamanmengenaikebijakaninklusif, belumtertampungnyaanak-anak yang teridentifikasiberkebutuhankhususdalamsekolah-sekolahinklusifdanbelumtersedianyasumberdayapendidiksekolahinklusif yang memadai.Makadariitu, penulismengangkatpermasalahantersebutdalamskripsi yang berjudulEvaluasiKebijakanPendidikanInklusifdiSDNegeri 1 TanjungPurwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan implementasi kebijakan pendidikan inklusif di SD Negeri 1 Tanjung Purwokerto selama ini, menemukan apa yang menjadi kendala keberhasilan implementasi kebijakan pendidikan inklusif di SD Negeri 1 Tanjung Purwokerto; menemukan upaya sekolah yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala dalam implementasi evaluasi kebijakan pendidikan inklusif di SD Negeri 1 Tanjung Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Tanjung Purwokerto. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan empat guru Inklusif. Objek dalam penelitian ini adalahevaluasikebijakanpendidikaninklusif di SD Negeri 1 TanjungPurwokerto. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa:Ada standar/ kriteriakhususdalampenyelenggaraanpendidikaninklusifyaituberupasuratkeputusanBupatiBanyumastentangpenetapansekolahpenyelenggarapendidikaninklusif pada tahun 2011 dengan nomor surat 421/149/2011, yang masing-masingsetiapsekolah yang menerapkanpendidikaninklusifmendapatkansuratkeputusantesebut.Pendidikan Inklusif merupakan salah satu model pendidikan yang dirancang secara khusus, dan merupakan terobosan baru dalam dunia pendidikan khususnya bagi mereka Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) untuk menghindari adanya segregrasi. Demikianjuga proses pembelajaran di kelasinklusif, walaupunsiswanyaheterogen, tidakadaperbedaan yang begituberartidengan proses pembelajaran di kelasreguler. Menurutpenulisdalampenelitianini proses pembelajaran di kelasinklusifcukupberhasil, dankeberhasilandalam proses pembelajarandipengaruhiolehfaktordari guru, siswa, lingkungan, saranaprasarana, danevaluasipembelajaran. Kata Kunci : EvaluasiKebijakan, PendidikanInklusif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : EvaluasiKebijakan, PendidikanInklusif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 03 Apr 2017 07:17
Last Modified: 03 Apr 2017 07:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2348

Actions (login required)

View Item View Item