KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 5 KARANGPUCUNG KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Oka Wahyu Priambodo, NIM. 082331121 (2016) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 5 KARANGPUCUNG KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text
OKA WAHYU PRIAMBODO_KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 5 KARANGPUCUNG KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 20152016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Penelitian ini yang menjadi sumber informasi adalah Kepala Sekolah dan guru pendidikan Agama Islam. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah kompetensi profesional guru endidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru pendidikan agama Islam pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 5 Karangpucung tahun pelajaran 2015/2016 berdasarkan dengan Undang-undang no. 16 tahun 2007 tentang kompetensi professional guru. Penulis berharap Semoga penelitian ini bisa bermanfaat bagi guru pendidikan agama Islam di SD Negeri 5 Karangpucung. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan penelitian ini antara lain : (1) Metode observasi ini diguakan untuk memperoleh data-data tentang kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam, (2) Metode wawancara digunakan untuk mencari data tentang guru profesional dengan mengetahui terkait persiapan guru pendidikan agama Islam sebelum mengajar di kelas dan sesudah mengajar dan proses pembelajaran kepada siswa pada materi yang disampaikan kepada siswa sesuai tidak terkait kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam, (3) Metode dokumentasi digunakan untuk memperoloeh data tentang gambaran SD Negeri 5 Karangpucung, seperti sejarah singkat, visi, misi, tujuan, struktur organisasi, keadaan guru dan siswa, sarana dan prasarana dan kegiatan ektrakulikuler di sekolah. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif menggunakan metode induktif dan dekduktif. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti yaitu tentang kompetensi profesional guru dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam adalah tentang penguasaan materi pelajaran guru pendidikan agam Islam, memahami standar kompetensi dan kompetensi dasar, mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, dan mengembangkan keprofesional yang berkelanjutan dengan tindakan reflektif. Dengan kompetensi professional guru yang diterapkan di kelas 4,5 dan 6 memiliki kompetensi professional yang cukup baik dengan melihat penguasan materi dalam proses pembelajaran serta mengembangkan materi yang diajarkan dengan pengetahuan yang relevan serta melakukan tindakan reflektif agar siswa mengingat kembali materi serta supaya siswa aktif dalam belajar yang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang memuat di dalam terdapat indikator-indikator pencapain siswa baik dinilai dari kognitif, afektif dan psikomotorik. Kata kunci : Kompetensi professional guru, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 15 Jun 2016 02:48
Last Modified: 15 Jun 2016 02:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item View Item