PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA DI MI MA’ARIF NU SANGUWATANG KECAMATAN KARANGJAMBU KABUPATEN PURBALINGGA

Dwi Setianingrum, 1123305109 (2017) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA DI MI MA’ARIF NU SANGUWATANG KECAMATAN KARANGJAMBU KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
DWI SETIANINGRUM_PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.beberapa faktor di antaranya adalah gaya mengajar guru. Gaya mengajar yang dilakukan guru dirasa penting, karena dalam proses pembelajaran tidak akan lepas dari interaksi antara guru dan murid. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: adakah pengaruh gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar IPA di MI Ma’arif NU Sanguwatang Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar IPA di MI Ma’arif NU Sanguwatang Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga. Pengumpulan data diperoleh melalui angket untuk mengetahui gaya mengajar guru dan dokumentasi berupa rekapan nilai ulangan akhir semester gasal untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan teknik analisis statistik regresi linier sederhana dengan tempat penelitiannya di MI Ma’arif NU Sanguwatang Karangjambu Purbalingga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya mengajar guru mata pelajaran IPA di kelas V dan VI dan juga guru kelas IV MI Ma’arif NU Sanguwatang Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga diperoleh rata-rata 76,7 dan dibulatkan menjadi 77. Dari nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel gaya mengajar guru dalam kategori baik yaitu pada interval 77-82. Hasil analisis tentang bprestasi belajar mata pelajaran IPA diperoleh rata-rata 76,3 atau dibulatkan menjadi 76. Dari nilai rata-rata tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel tentang prestasi belajar mata pelajaran IPA dalam kategori baik yaitu pada interval 75-79. Dari hasil pengujian signifikansi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPA MI Ma’arif NU Sanguwatang Karangjambu Purbalingga. Dan koefisien determinasi atau R-square sebesar 0,760. Ini berarti bahwa 76% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh gaya mengajar guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gaya mengajar, prestasi belajar, mata pelajaran IPA
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 22 Mar 2017 07:49
Last Modified: 22 Mar 2017 07:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2280

Actions (login required)

View Item View Item