DIMENSI PENDIDIKAN MORAL PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTs MIFTAHUL HUDA PESAWAHAN RAWALO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Agus Suradi, 102338106 (2017) DIMENSI PENDIDIKAN MORAL PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTs MIFTAHUL HUDA PESAWAHAN RAWALO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
AGUS SURADI_NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL .pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Pendidikan moral merupakan usaha membimbing dan melatih peserta didik untuk mampu melaksanakan nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari. Untuk merealisasikan dalam kehidupan, pendidikan harus dilakukan secara terus menerus, baik dalam lingkup keluarga maupun sekolah sebagai lingkungan pendidikan yang kedua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai moral yang ada pada mata pelajaran SKI di MTs Miftahul Huda Pesawahan Rawalo Banyumas dan juga untuk mendeskripsikan proses yang dilakukan oleh MTs Miftahul Huda Pesawahan dalam melaksanakan pendidikan moral dalam mata pelajaran SKI bagi siswa,. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian (informan) yaitu Kepala Sekolah, guru Mapel SKI sekaligus wali kelas, dan wali kelas MTs Miftahul Huda Pesawahan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles Huberman dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan uraian hasil penelitian dan analisa data diatas, dapat ditarik kesimpulan nilai-nilai Pendidikan Moral pada mata pelajaran SKI di MTs Miftahul Huda Pesawahan.Rawalo sebagai berikut: Pelaksanaan pembelajaran SKI di MTs Miftahul Huda Pesawahan Rawalo Banyumas dilakukan dengan rangkaian kegiatan yang terdiri dari, berdo’a sebelum dan sesudah belajar, absensi, evaluasi tugas sekolah, eksplorasi, elaborasi, konfirmasi, dan penutup. Nilai-nilai moral pada pembelajaran SKI di MTs Miftahul Huda Pesawahan Rawalo Banyumas terdiri dari Nilai Religius yang diterapkan dengan berdoa sebelum dan sesudah dimulai pembelajaran, disiplin yang diterapkan dengan absensi siswa, serta pemaaf, kasih sayang, diterapkan dengan keteladanan dari kisah-kisah yang terdapat dalam mata pelajaran SKI. Untuk bahan yang digunakan sebagaisumber belajar, guru menggunakan buku paket pelajaran SKI. Sedangkan untuk memperkaya materi yang akan disampaikan, ia juga membekali dirinya dengan buku-buku bacaan lain yang terkait dengan materi yang diampunya serta film film yang bisa diambil dari khasanah trans 7.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Moral
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 22 Mar 2017 00:44
Last Modified: 22 Mar 2017 00:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2272

Actions (login required)

View Item View Item