PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN ENERGI BUNYI MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA LINGGASARI KEMBARAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014.

Ari Purwoko, NIM : 1123306081 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN ENERGI BUNYI MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA LINGGASARI KEMBARAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ARI PURWOKO_PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN ENERGI BUNYI MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA LINGGASARI KEMBARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (801kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa yang hanya mencapai 30% saja yang memenuhi ketuntasan belajar minimal. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimanakah siswa memahami materi energi panas dan energi bunyi dengan menerapkan metode demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi pada materi energi panas dan energi bunyi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Miftahul Huda Linggasari Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 siswa. Metode penelitian yang di gunakan adalah deskriptif prosentase dan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakaan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan teknik dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan secara umum dapat di simpulkan bahwa penerapan metode Demonstrasi dapat meningkatkan Hasil belajar mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan energi bunyi siswa kelas IV MI Miftahul Huda Linggasari Kembaran Tahun Pelajaran 2013/2014. Peningkatan Hasil belajar tersebut secara khusus di tandai dengan hasil tes rata-rata siswa selama proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik dari tiap siklus juga mengalami peningkatan. Perolehan nilai rata-rata tiap siklusnya yaitu pada siklus I diperoleh rata-rata 65 dimana 40 %. siswa mempunyai hasil belajar dengan cukup baik, siklus II diperoleh rata-rata 74 dimana 80 % siswa mempunyai hasil belajar dengan kriteria baik. Kata Kunci: Hasil belajar, Metode Demonstrasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:36
Last Modified: 14 Jun 2016 07:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/224

Actions (login required)

View Item View Item