PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KOMPETENSI DASAR OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI MEDIA BENDA KONKRET PADA SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF NU 1 KALIWANGI PURWOJATI BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Hesti Setiyowati 1223305040

Hesti Setiyowati, 1223305040 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KOMPETENSI DASAR OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI MEDIA BENDA KONKRET PADA SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF NU 1 KALIWANGI PURWOJATI BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Hesti Setiyowati 1223305040. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
HESTI SETIYOWATI_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KOMPETENSI DASAR OPERASI HIT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Memulai dari hasil observasi pendahuluan tanggal 12 Oktober 2015 pada siswa kelas IV MI Ma’arif NU 1 Kaliwangi, proses belajar mengajar mata pelajaran matematika masih berpusat pada guru (teacher center) yang menjadikan siswa merasa jenuh dan bosan dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar sehingga hasil belajar belum tercapai. Dari 33 siswa, terdapat 8 siswa yang nilai ketuntasan belajarnya sudah mencapai KKM dan 25 siswa lainya belum mencapai nilai ketuntasan minimal yang ditentukan yaitu 61. Selain itu materi matematika kompetensi dasar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat adalah materi tentang penalaran siswa terhadap lingkungan. Atas dasar tersebut maka perlu dicari solusi yang tepat agar proses kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan mencapai hasil yang maksimum. Menurut penulis, penggunaan media benda konkret berupa kertas warna adalah metode yang tepat untuk mengajarkan penalaran tentang materi kompetensi dasar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat sekaligus meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka penulis rumuskan permasalahan sebagai beriku: “Apakah dengan menggunakan media benda konkret, dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kompetensi dasar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV MI Ma’arif NU 1 Kaliwangi Purwojati Banyumas?”. Metode penelitian yang digunakan adalah tes, wawancara,observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh setelah melakukan penelitian penulis menggunakan Analisis Statistik Deskriptif. Rumus yang digunakan untuk menganalisis data kuantitatif adalah (P = angka presentasi kenaikan nilai, f = jumlah siswa yang tuntas, N = jumlah seluruh siswa). Hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan penulis dalam dua siklus menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I 51,52% menjadi 96,97% pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media benda konkret kertas warna pada mata pelajaran matematika kompetensi dasar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bulat dapat meningkatkan hasil belajara siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, matematika, media benda konkret
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 01 Mar 2017 05:32
Last Modified: 01 Mar 2017 05:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2212

Actions (login required)

View Item View Item