Efektivitas Penerapan Media Gambar dalam Pembelajaran IPA Kelas III di MI Ma’arif NU Kaliwangi Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas

Diah Ayu Feri Sela, 1123305049 (2016) Efektivitas Penerapan Media Gambar dalam Pembelajaran IPA Kelas III di MI Ma’arif NU Kaliwangi Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DIAH AYU FERI SELA_EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS III DI MI MA’ARIF NU KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran IPA di kelas banyak permasalahan yang di hadapi oleh siswa dan guru. Permasalahan yang sering dialami siswa ketika pelaksanaan pembelajaran IPA salah satunya adalah peningkatan nilai siswa dalam materi pembelajaran. Permasalahan pada skripsi ini adalah Bagaimana efektivitas penerapan media gambar dalam pembelajaran IPA kelas III di MI Ma’arif NU Kaliwangi Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media gambar dalam pembelajaran IPA terhadap prestasi belajar siswa Kelas III MI Ma’arif NU Kaliwangi apabila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang diberlakukan di sekolah tersebut.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen dengan sampel penelitiannya adalah kelas III A dan III B MI Ma’arif NU Kaliwangi. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan efektivitas media gambar dan media pembelajaran konvensional berdasarkan kriteria hasil belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa efektivitas media gambar masuk dalam kriteria sedang yaitu dengan indeks normalized gain sebesar 0,548, efektivitas media pembelajaran konvensional masuk dalam kriteria sedang yaitu dengan indeks normalized gain sebesar 0,308dan peningkatan prestasi belajar dengan media gambar lebih baik dibandingkan dengan peningkatan prestasi belajar media pembelajaran konvensional pada materi Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup Kelas III MI Ma’arif NU Kaliwangi. Berdasarkan hasil uji Mann- Whitney dari nilai rata-rata posttest prestasibelajar diperoleh signifikansi P (0,061) >∝(0,05), Ho diterima dan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:17
Last Modified: 14 Jun 2016 07:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/220

Actions (login required)

View Item View Item