ANALISIS BUTIR SOAL BENTUK PILIHAN GANDA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PADA ULANGAN TENGAH SEMESTER GASAL KELAS VI MI DI WILAYAH KKM KECAMATAN BANJARNEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2015/2016 Ngudi Raharjo NIM. : 092338149

Ngudi Raharjo, 092338149 (2016) ANALISIS BUTIR SOAL BENTUK PILIHAN GANDA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PADA ULANGAN TENGAH SEMESTER GASAL KELAS VI MI DI WILAYAH KKM KECAMATAN BANJARNEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2015/2016 Ngudi Raharjo NIM. : 092338149. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
NGUDI RAHARJO_ANALISIS BUTIR SOAL BENTUK PILIHAN GANDA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (558kB) | Preview

Abstract

Ulangan Tengah Semester merupakan sebuah tes yang dilakukan dengan tujuan untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran selama setengah semester.Karena pentingnya tes ini maka dibutuhkan instrumen soal yang bekualitas agar dapat menjamin kualitas tes yang akan diujikan kepada siswa. Hal inilah yang menjadi alasan peneliti untuk menganalisis butir soal UTS Gasal MI. Pada kesempatan ini peneliti menganalisis butir soal UTS Gasal kelas VI MI di Wilayah KKM Kecamatan Banjarnegara pada mata pelajaranal-Qur’an Hadits tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian adalah Untuk mengetahui Analisis tes hasil belajar bentuk pilihan ganda mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada ulangan tengah semester gasal kelas VI MI di wilayah KKM kecamatan Banjarnegara kabupaten Banjarnegara tahun pelajaran 2015/2016 yang meliputi: tingkat kesukaran, daya beda, efektivitas pengecoh, validitas, dan reliabilitas tesnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu semua butir soal UTS Gasal kelas VI MI di wilayah Kecamatan Banjarnegara pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits tahun pelajaran 2015/2016 dan respon jawaban siswa yang berjumlah 31 lembar jawaban. Dalam penelitian ini penulis menggunakan bantuan program komputer yaitu ITEMAN dan Anates Versi 4.0. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat diketahui: (a) butirsoal yang tegolongdalamkriteriabaikberjumlah 3 butirsoalyaitubutirsoalnomor 4, 10, dan 14 denganpresentase 20%. (b) 6 butirsoaltergolongdalamkriteriacukupbaikyaitubutirnomor 1, 3, 6, 7, 8, dan 13 denganpresentase 40%. (c) 6 butirsoalmemilikikriteriatidakbaikyaitubutirnomor 2, 5, 9, 11, 12, dan 15 denganpresentase 40%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: UTS, Analisis butir.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Feb 2017 08:14
Last Modified: 28 Feb 2017 08:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2196

Actions (login required)

View Item View Item