PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS XII DI MA AL MUJAHADAH PAGERANDONG

RidoAjiLegowo, 092338021 (2016) PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS XII DI MA AL MUJAHADAH PAGERANDONG. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
RIDO AJI LEGOWO_PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (587kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran merupakan suatu cara yang digunakan pendidik dalam menyampaikan bahan pelajaran kepada peserta didik sehingga menciptakan suatu proses interaksi edukatif antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar yang terarah untuk mencapai tujuan pembelajaran.Metode jauh lebih penting dibanding materi adalah sebuah realita bahwa cara penyampaian yang komunikatif lebih disenangi oleh peserta didik walaupun sebenarnya materi yang disampaikan sesungguhnya tidak terlalu menarik. Sebaliknya materi yang yang cukup baik, karena disampaikan dengan cara yang kurang menarik maka materi itu sendiri kurang dapat dicerna oleh peserta didik. Oleh karena itu penerapan metode yang tepat sangat mempengaruhi pencapaian keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Metode yang tidak tepat akan berakibat terhadap pemakaian waktu yang tidak efisien. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan di lapangan yang bersifat verbal, kalimat, fenomena-fenomena dan bukan berupa angka-angka dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Subjek penelitian ini adalah guru matapelajaranfiqih, siswa kelas XII dan kepala madrasah. Metode yang diterapkan dalam pembelajaran fikih di MA Al MujahadahPagerandong antara lain metode ceramah, tanya jawab, pemberian tugas (resitasi), diskusi. Metode ceramah dan tanya diskusi merupakan metode yang paling sering digunakan dalam pembelajaran. Di sinipenulishanyamenganalisispenerapanmetodediskusi.Dari analisis yang penulis lakukan, penerapan metodediskusi sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari penerapan metode yang sudah disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, materi, kemampuan dan karakteristik peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode DiskusidalamPembelajaranFiqih
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Feb 2017 03:35
Last Modified: 24 Feb 2017 03:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2190

Actions (login required)

View Item View Item