STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS MA’ARIF NU KARANGJATI KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Kulsum Indriati, 1123308026 (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS MA’ARIF NU KARANGJATI KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
KULSUM INDRIATI_STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS MA’ARIF NU KARANGJAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Strategi Pembelajaran merupakan cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga akan memudahkan peserta didik menerima dan memahami materi pembelajaran, yang pada akhirnya tujuan pembelajaran dapat dikuasainya di akhir kegiatan belajar. Strategi pembelajaran pada dasarnya adalah tindakan nyata dari guru atau praktek guru melaksankan pengajaran melalui cara tertentu yang dinilai lebih efektif dan lebih efisien. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang penerapan strategi pembelajaran aktifpada mata pelajaran Fiqih di MTs Ma’arif NU Karangjati Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2015/2016, khususnya pada masalah pemilihan tipe strategi pembelajaran aktif dan pengelolaan kelasnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 alur kegiatan yang berlangsung bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan penulisan hasil penelitian dan mempermudah memahami deskripsi yang disajikan hasil akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Fiqih di MTs Ma’arif NU Karangjati, diterapkan dengan cukup variatif dan sudah berjalan dengan baik. Strategi pembelajaran aktif yang biasa digunakan guru,antara lain: Guided Teaching, Mind Mapping, Group Investigation, Information Search, Resume kelompok, Debat Yang Efektif, True or False, dan Index Card Match. Dalam pemilihan strategi pembelajaran aktif, guru menyesuaikan denganmateri pelajaran yang akan disampaikan dan tujuan pembelajarannya. Strategi pembelajaran aktif yang diterapkan pada pembelajaran Fiqih di MTs Ma’arif NU Karangjati, dapat mengefektifkan proses belajar mengajar sesuai dengan yang direncanakan, dan dengan pemilihan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, dan mampu merancang kegiatan pembelajaransehingga mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan tujuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Aktif, Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 23 Feb 2017 07:48
Last Modified: 23 Feb 2017 07:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2182

Actions (login required)

View Item View Item