IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI MI MA’ARIF NU 1 KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS

APRISIKHAN ANUGRAH, 1123305070 (2016) IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI MI MA’ARIF NU 1 KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
APRISIKHAN ANUGRAH_IMPLEMENTASI METODE ROLEPLAYING DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL(IPS) DI MI MA’ARIF NU 1 KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATIKABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (846kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kelas III MI Ma’arif NU 1 Kaliwangi, adalah kelas yang sudah menerapkan metode Role Playing pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang penerapan metode Role Playing pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas III di MI Ma’arif NU 1 Kaliwangi, Kecamatan Purwojati, Kabupaten Banyumas. Rumusan masalah penelitian ini adalah “ Bagaimana Implementasi Metode Role Playing dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MI Ma’arif NU 1 Kaliwangi di kelas? ” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Metode Role Playing dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MI Ma’arif NU 1 Kaliwangi apakah sudah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan ataukah belum. Adapun manfaat yang dapat diambil adalah dari hasil penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan teori pengajaran, khususnya mengenai implementasi metode Role Playing untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menambah wacana mengenai pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (fildresearch) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait implementasi metode Role Playing. Objek dalam penelitian ini adalah metode Role Playing pada implementasi metode Role Playing dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Ma’arif NU 1 Kaliwangi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, deskripsi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode Role Playing pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan di Bab II. Hal ini terlihat dengan nilai siswa yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pembelajaran dengan implementasi metode Role Playing di MI Ma’arif NU 1Kaliwangi meliputi kegiatan persiapan seperti penyusunan RPP, prota, promes dan lainnya sebelum melakukan pembelajaran. Kegiatan inti pembelajaran atau pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menggunakan metode Role Playing serta evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Semua rangkaian penerapan metode Role Playing tersebut sudah berjalan efektif terbukti dengan peserta didik lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti proses pembelajarannya. Kata Kunci: Metode Role Playing, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:11
Last Modified: 14 Jun 2016 07:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/218

Actions (login required)

View Item View Item