PENANAMAN TRADISI RELIGIUS PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SEMEDO KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS

Puji Astuti, NIM. 092338053 (2017) PENANAMAN TRADISI RELIGIUS PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SEMEDO KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
PUJI ASTUTI_PENANAMAN TRADISI RELIGIUS PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SEMEDO KECAMATAN PEKU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam harus mampu mendidik anak didik agar memiliki kedewasaan dan kematangan dalam berfikir, beriman, dan bertaqwa kepadaAllah SWT. di samping itu anak juga mampu mengamalkan nilai-nilai yang mereka dapatkan dalam proses pendidikan, sehingga mampu menjadi pemikir dan pengamal ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Lokasi penelitian yang penulislakukan yaitu SD Negeri 3 Semedo Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas yang memiliki program menanamkan tradisi religius dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tidak lepas dari kebijakan kepala sekolah dan dukungan dari guru sehingga tradisi religius dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah. Untuk itu permasalahan yang penulis angkat dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah penanaman tradisi religius di SD Negeri 3 Semedo Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas?. Adapun tujuan tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui penanaman tradisi religius di SD Negeri 3 Semedo Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas, untuk mengetahui langkah-langkah apa saja yang dilakukan oleh SD Negeri 3 Semedo Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas dalam menanamkan tradisi religius pada siswa-siswinya, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dilakukan oleh SD Negeri 3 Semedo dalam penanaman tradisi religius pada siswa-siswinya. Jenis ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah Kepala SD Negeri 3 Semedo, guru Pendidikan Agama Isla , dan Komite Sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif yang terdiri dari 3 (tiga) alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa penanaman tradisi religius yang dilaksanakan di SD Negeri 3 Semedo Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas merupakan program lanjutan dari kebijakan kepala SD Negeri 3 Semedo sebelumnya. Kegiatan penanaman tradisi religiusitas melibatkan seluruh elemen sekolah, dengan kegiatan meliputi: berdoa sebelum dan sesudah pelajaran, mengumpulkan infak di hari jum’at jumlahnya sukarela, setiap pergantian jam pelajaran siswa memberi salam pada guru, memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk melakukan ibadah, bicara dan bertindak dengan memperhatikan sopan santun, anak dibiasakan untuk mengucapkan terima kasih, maaf, permisi, dan tolong, mengetuk pintu kalau masuk ruang orang lain, meminta izin, pengajian rutin pada hari besar keagamaan untuk membekali siswa tentang pengetahuan keagamaan dan maknanya diselipi dengan nasehat sebagai hiikmah dari perayaan tersebut, membagikan zakat, dan perayaan hari besar keagamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Tradisi Religius, SDN 1 Semedo Pekuncen
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 23 Feb 2017 06:56
Last Modified: 23 Feb 2017 06:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2179

Actions (login required)

View Item View Item