Manajemen Kurikulum Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyyah Khoiru Ummah Majenang Cilacap

Ira Destiyani, 12233303048 (2016) Manajemen Kurikulum Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyyah Khoiru Ummah Majenang Cilacap. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
IRA DESTIYANI__Manajemen Kurikulum Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER__BAB I__BAB V__DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Kurikulummerupakansatuhal yang pentingdalammerealisasikantujuanpendidikandanjugamenjadikanpedomanuntukmelaksanakan program pendidikan yang telahdirencanakan, olehkarenaitukurikulumharusditerapkandengansebaik-baiknya di instansiataulembagapendidikanmanapununtukmencapaitujuanpendidikan yang telahdirencanakan, karenaberhasiltidaknyasebuahpendidikantergantungpadakurikulum yang diterapkandandijalankanolehinstansiataulembagapendidikantertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kurikulum mata pelajaran IPS di MI Khoiru Ummah Majenang Cilacap. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, yaitusebuahpenelitian yang menghasilkanbeberapa data yang berifatdeskriptifdariparaperilaku orang yang diamati, baikberupalisanataupuntulisan. Serta dalam pengumpulan data dilakukan secara langsung di lokasi penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti menggambarkan mengenai bagaimana manajemen kurikulum pada mata pelajaran IPS di MI Khoiru Ummah Majenang. Subjek penelitian ini meliputi Kepala Madrasah, Guru Ilmu Pengetahuan Sosial dan Waka Kurikulum di MI Khoiru Ummah Majenang. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pada hasil penelitian ini, kurikulum yang dipakai dalam pembelajaran IPS Geografi di Madrasah Ibtidaiyyah Khoiru Ummah Majenang adalah Kurikulum yang sudah dibentuk oleh yayasan Khoiru Ummah yaitu Kurikulum Berbasis Aqidah Islam, dan pada penerapan manajemen kurikulum mata pelajaran IPS di MI Khoiru Ummah Majenang Cilacap mencakup Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Evaluasi Kurikulum.pada proses perencanaan meliputi perumusan tujuan kurikulum, penyusunan isi kurikulum, dan merancang strategi penilaian, berikutnya adalah pengorganisasian kurikulum yaitu pembagian tugas pada guru IPS berupa jadwal mengajar dan pembagian waktu pembelajaran, dalam pelaksanaan kurikulum terbagi menjadi tiga tahapan yaitu pendahuluan, inti dan penutup, sedangkan yang terakhir adalah evaluasi kurikulum yang meliputi evaluasi terhadap perencanaan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, hasil belajar, sarana dan prasarana serta evaluasi terhadap guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 17 Feb 2017 07:06
Last Modified: 17 Feb 2017 07:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2164

Actions (login required)

View Item View Item