PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH KARANGLO KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS LAILATHUL FITRIANINGRUM NIM. 1123305038

LAILATHUL FITRIANINGRUM, 1123305038 (2017) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH KARANGLO KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS LAILATHUL FITRIANINGRUM NIM. 1123305038. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
LAILATHUL FITRIANINGRUM_PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGET.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil wawancara dengan guru kelas V MI Muhammadiyah Karanglo, didapat bahwa nilai ulangan siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V bervariasi, ada yang mendapatkan nila tinggi, sedang dan rendah. Hasil belajar siswa tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya yaitu faktor minat belajar. Minat belajar merupakan hal yang penting agar siswa dapat sukses mempelajari suatu ilmu pengetahuan dan menigkatkan prestasi siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Karanglo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan angket dan dokumentasi, sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Karanglo termasuk kedalam kategori cukup, hal ini ditunjukkan dengan persentase skor minat belajar sebesar 39,29% kategori tinggi, 53,57% kategori sedang dan 7,14% kategori rendah dan hasil belajar siswa termasuk kategori cukup, hal ini ditunjukkan dari persentase hasil UTS sebesar 21,43% kategori tinggi dan 78,57% kategori sedang. Sedangkan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V sebesar 37,6%. Dengan demikian minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V di MI Muhammadiyah Karanglo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 17 Feb 2017 03:35
Last Modified: 17 Feb 2017 03:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2162

Actions (login required)

View Item View Item