PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN MAKHLUK HIDUP YANG MENGUNTUNGKAN DAN MEMBAHAYAKAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CARD SORT PADA SISWA KELAS II DI MI MUHAMMADIYAH TIMBANG KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 LilisUmiyati NIM : 1223310031

LilisUmiyati, 1223310031 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN MAKHLUK HIDUP YANG MENGUNTUNGKAN DAN MEMBAHAYAKAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CARD SORT PADA SISWA KELAS II DI MI MUHAMMADIYAH TIMBANG KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 LilisUmiyati NIM : 1223310031. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
LILIS UMIYATI_PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (556kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas II MI MuhammadiyahTimbangKejobongKabupatenPurbalingga semester I Tahunajaran2016/2017 adalahpesertadidikkurangmemahamimatapelajaran IPA PokokbahasanMakhlukHidup yang MenguntungkandanMembahayakan. Hal inidapatdilihatdarihasiltesawalpesertadidik yang memperolehnilai di atasKriteriaKetuntasan Minimal (KKM) yang ditentukanyaitu 70, hanyaada 7 siswa yang tuntasdari 15 siswadengannilai rata-rata 62,66 denganpresentasi46,67%. KajiandalampenelitiantindakankelasiniadalahPeningkatanHasilBelajar IPA Melaluistrategicard sortpadasiswakelas II Di MI MuhammadiyahTimbangKecamatanKejobongKabupatenPurbalinggaTahunPelajaran 2016/2017. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswakelas II matapelajaran IPA pokokbahasanmakhlukhidup yang menguntungkadanmembahayakan. Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas (PTK). Siklusterdiridariempattahapyaitu: perencanaan, tindakan, pengamatandanrefleksi. Sasaranpenelitianiniadalahsiswakelas II MI MuhammadiyahTimbangKecamatanKejobongKabupatenPurbalinggaTahunPelajaran 2016/2017.Denganmenggunakanmetodepengumpulan data, observasi (pengamatan) danmetodedukumentasi. Adapunanalisis data dalampenelitianinidibedakanmenjadiduayaitukuantitatifdankualitatif (berupates) penelitianalisis, dan data kualitatifberupahasilobservasi. Setelahditerapkanstrategicard sortpeningkatanhasilbelajarsiswakelas II MI MuhammadiyahTimbangmengalamipeningkatandarikondisiawalsebelumpembelajaranmenggunakanstrategicard sortnilai rata-rata 62,66 denganpresentasi 46,67% dari 15 orang pesertadidikhanya 7 pesertadidikyang tuntas. Padasiklus I nilai rata-rata 74,66 denganpresentasi 73,34% dari 15 pesertadidikbertambahmenjadi 11 pesertadidik yang memenuhi KKM. Sedangkanpadasiklus II terjadipeningkatanmenjadi 14 pesertadidikdengannilai rata-rata 84,66denganpresentasi 93,34%. Makapenelitianinidapatdikatakanberhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: :PeningkatanHasilBelajar IPA, StrategiCard Sort.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 16 Feb 2017 08:08
Last Modified: 16 Feb 2017 08:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2155

Actions (login required)

View Item View Item