SISTEM PEMBELAJARAN TAHFIIDZUL QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH PLUS AL-FATAH MAOS CILACAP Hayi Lina Rosada

Hayi Lina Rosada, 1223301044 (2016) SISTEM PEMBELAJARAN TAHFIIDZUL QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH PLUS AL-FATAH MAOS CILACAP Hayi Lina Rosada. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
HAYI LINA ROSADA_SISTEM PEMBELAJARAN TAHFIIDZUL QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH PLUS AL-FATAH MAOS CILA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (514kB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an merupakan pegangan hidup umat muslim dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya menerangkan tentang syariat agama tetapi juga menerangkan semua hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia didunia. Salah satu usaha nyata dalam proses pemeliharaan Al-Qur’an adalah dengan menghafalkannya pada setiap generasi. Saat ini disetiap majlis ta’lim, sekolah-sekolah Islam, pondok pesantren, dan lembaga-lembaga Islam lainnya dalam beberapa tahun belakangan ini muncul program-program unggulan dalam bidang tahfiidzul Qur’an untuk menarik para siswa muslim memasuki lembaga tersebut. Hampir bisa dipastikan sekolah Islam terpadu mempunyai program tahfiidzul Qur’an sebagai program unggulannya walaupun hanya beberapa surat atau juz saja. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana pelaksanaan sistem pembelajaran tahfiidzul Qur’an terkait dengan: 1.) Tujuan pembelajaran tahfiidzul Qur’an,2.) Proses pelaksanaan pembelajaran tahfiidzul Qur’an, dan 3.) evaluasi pembelajaran tahfiidzul Qur’andi MA Plus Al Fatah Maos Cilacap. Penelitian yang dilakukan di MA Plus Al-Fatah Maos Cilacap bertujuan untuk mendiskripsikan atau menggambarkan secara jelas dan mendalam tentang sistem pembelajaran tahfiidz Al-Qur’an di MA Plus Al-Fatah Maos Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan sistem pembelajaran tahfiidzul Qur’an di MA Plus Al-Fatah Maos Cilacap dilaksanakan dengan menggunakan sistem boarding school dimana siswa tinggal dan belajar didalam lingkungan sekolah (diasramakan). Pembelajaran dilakukan setiap hari setelah sholat subuh bagi siswa dengan target hafalan 3 juz selama tiga tahun dan pada pukul 07:00-13:30 WIB bagi siswa dengan target hafalan 30 juz selama tiga tahun. Adapun metode yang digunakan dalam pembelajaran tahfiidzul Qur’an yaitu metode talaqqi, takrir tasmi’, seluruhnya dan bagian. Kemudian untuk evaluasi pembelajaran tahfiidzul Qur’an yaitu dengan tes lisan ketika siswa telah menyelesaikan hafalan 1 juz dan 5 juz.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pembelajaran, Tahfiidz Al-Qur’an.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Feb 2017 08:13
Last Modified: 14 Feb 2017 08:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2144

Actions (login required)

View Item View Item