PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL(IPS) KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYYAH MA’ARIF NU TELUK KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

DHIAN AMAL HAYATI, 1223305022 (2016) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL(IPS) KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYYAH MA’ARIF NU TELUK KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text
DHIAN AMAL HAYATI_PENERAPAN METODE ROLE PLAYING.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB)

Abstract

Dalam mencapai tujuan pembelajaran yang optimal diperlukan adanya metode untuk memudahkan tujuan pencapaian pembelajaran tersebut. Dalam hal ini guru dituntut untuk menguasai segala macam metode, sedangkan penggunaan metode juga harus mempertimbangkan situasi dan kondisi siswa pada saat pembelajaran. Penggunaan metode ceramah dan hafalan merupakan hal yang lazim digunakan oleh sebagian guru, hal tersebut sering kali membuat siswa menjadi jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran, sehingga diperlukan adanya metode yang dapat membuat siswa menjadi lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, seperti metode role playing. MI Ma’arif NU Teluk merupakan salah satu madrasah yang menerapkan metode role playing khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V dan madrasah tersebut merupakan satusatunya madrasah di wilayah Kecamatan Purwokerto Selatan yang menerapkan metode role playing. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang penerapan metode role playing pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V di MI Ma’arif NU Teluk Kecamatan Purwokerto Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana Penerapan Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V di MI Ma’arif NU Teluk Kecamatan Purwokerto Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode role playing pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V di MI Ma’arif NU Teluk Kecamatan Purwokerto Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu peneliti turun langsung ke lapangan/ lokasi penelitin untuk memperoleh data terkait penerapan metode role playing. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan siswa kelas V di MI Ma’arif NU Teluk. Metode pengumpulan datanya yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah pendekatan Miles and Huberman yaitu muali dari Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) hingga Verifikasi ( Conclusion Drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menerapkan metode role playing, terdapat beberapa tahapan yang dilakukan,yakni mulai dari pembuatan RPP dan naskah, pembentukan kelompok, latihan, pementasan drama, evaluasi dan pemberian reward. Selain itu, para siswa terlihat lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dengan metode role playing tersebut serta hal lain yang menarik dalam penggunaan metode role playing di MI Ma’arif NU Teluk adalah adanya pemberian reward untuk kelompok yang melakukan perannya dengan baik. Kata Kunci: Penerapan, Metode Role Playing, dan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 30 Jan 2017 07:58
Last Modified: 30 Jan 2017 07:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2129

Actions (login required)

View Item View Item