ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN KENAIKAN KELAS MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII DI MTs MODERN AL AZHARY AJIBARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SKRIPSI

AMIR RUDIN, 1223302004 (2016) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN KENAIKAN KELAS MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII DI MTs MODERN AL AZHARY AJIBARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SKRIPSI. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
Amir Rudi_Analisis Butir Soal Ujian Kenaikan Kelas Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas Viii Di MTs Modern Al Azhary Ajiba~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Evaluasi hasil belajar merupakan rangkaian yang tak terpisahkan dengan proses pembelajaran. Guru sebagai pendidik, pengajar, dan pembimbing setiap saat melaksanakan tugas serta kewajibannya dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab, sehingga evaluasi menempati posisi yang sangat strategis dalam proses pembelajaran. Tes sebagai alat evaluasi diadakan untuk mengetahui ada atau tidaknya hasil-hasil pelajaran tertentu pada seorang murid atau kelompok murid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ujian kenaikan kelas mata pelajaran Bahasa Arab kelas VIII di MTs Modern Al Azhary Ajibarang tahun pelajaran 2015/2016, apabila ditinjau dari analisis: validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, daya beda, dan fungsi pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif karena data penelitiannya berupa angka-angka dan analisisnya menggunakan statistik. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya dengan program Anates versi 4.0.5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir soal ujian kenaikan kelas mata pelajaran bahasa Arab kelas VIII di MTs Modern Al Azhary tahun pelajaran 2015/2016 untuk validitas 70% valid dan 30% invalid. Reliabilitasnya tinggi memiliki koefisien sebesar 0,90. Tingkat kesukaran soal 14% sukar, 56% sedang, dan 30% mudah. Daya beda soalnya jelek sekali 6%, jelek 12%, cukup 38%, baik 36%, dan baik sekali 8%. Fungsi pengecoh 78% telah berfungsi dan 22% belum berfungsi. Kata kunci : Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan, Daya Beda, Fungsi Pengecoh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan, Daya Beda, Fungsi Pengecoh.
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 26 Jan 2017 04:06
Last Modified: 26 Jan 2017 04:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2117

Actions (login required)

View Item View Item