MOTIVASI SISWA TERHADAP STUDI LANJUT (STUDI DI SMA N JATILAWANG)

Hullatun Nafisah, NIM. 1123101006 (2016) MOTIVASI SISWA TERHADAP STUDI LANJUT (STUDI DI SMA N JATILAWANG). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (610kB) | Preview
[img] Text
HULLATUN NAFISAH_MOTIVASI SISWA TERHADAP STUDI LANJUT (STUDI DI SMA NEGERI JATILAWANG).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Motivasi adalah suatu proses untuk menggiatkan motif-motif perbuatan atau keadaan untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan. Tingkat motivasi siswa sangat dipengaruhi oleh keadaan dirinya dan lingkungan di sekililingnya, karena motivasi sangat berperan dalam meningkatkan proses belajar dan merupakan salah satu penentu dalam keberhasilan belajar maka peran guru kelas, guru pembimbing serta orang tua sangatlah besar dalam membangkitkan semangat dan menumbuhkan minat belajar. Untuk membantu siswa dalam pengambilan keputusan studi lanjut maka siswa harus memiliki informasi mengenai studi lanjut yang memadai dan sesuai. Jenis penelitian dalam penulisan penelitian adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian dengan mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Sedangkan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri Jatilawang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi adalah hasil faktor internal dan faktor eksternal dan bukan hasil eksternal saja. Dalam penelitian di SMA Negeri Jatilawang kelas XII, jenis-jenis motif untuk melanjutkan studi sejalan dengan teori M. Sherif & C. W, yaitu: biogenetis dan sosiogemetis. Faktor eksternal dan faktor internal yang memepengaruhi motivasi studi lanjut siswa SMA N Jatilawang kelas XII yaitu: faktor eksternal ini meliputi dukungan orang tua dan lingkungan dan faktor internal ini meliputi faktor persepsi, faktor harapan dan faktor kebutuhan. Kebanyakan dari siswa kelas XII SMA Negeri memiliki minat (motivasi) untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Sekolah memotivasi siswa sejalan dengan teori Abraham Maslow, yaitu: Kebutuhan akan rasa kasih sayang yaitu melalui Konseling, Kebutuhan akan mengenal yaitu melalui seminar, Kebutuhan akan harga diri yaitu dengan Memberi bimbingan atau arahan kepada siswa dan Kebutuhan akan rasa sukses yaitu dengan bekerja sama dengan universitas. Kata Kunci: Motivasi, Studi Lanjut dan SMA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.2 Individual Psychology
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 14 Jun 2016 06:21
Last Modified: 14 Jun 2016 06:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item View Item