SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH PPPI MIFTAHUSSALAM BANYUMAS

Nurul, Hidayah (2023) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH PPPI MIFTAHUSSALAM BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nurul Hidayah_Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs PPPI Miftahussalam Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kepala madrasah memiliki tugas, fungsi, dan tanggung jawab dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Salah satu tugas dan fungsi kepala madrasah adalah melaksanakan supervisi. Supervisi akademik dilakukan kepada guru sebagai bentuk tanggung jawab kepala madrasah dalam melaksanakan penilaian kinerja guru. Dalam melaksanakan tugas dan fungsi supervisi, serta tanggung jawabnya, kepala madrasah membuat perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut hasil supervisi. Penelitian ini bertujuan: 1)mendeskripsikan perencanaan supervisi akademik kepala madrasah, 2) mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah, 3) mendeskripsikan tindak lanjut hasil supervisi kepala madrasah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskritif. Lokasi penelitian di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Pendidikan Islam (PPPI) Miftahussalam Banyumas. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, dan guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik penyajian data dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Triangulasi sebagai dasar untuk menguji keabsahan data. Penelitian ini menghasilkan data dan uraian tentang supervisi akademik kepala MTs PPPI Miftahussalam yaitu Kepala madrasah melaksanakan fungsi supervisi melalui perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut hasil supervisi. 1) Perencanaan supervisi meliputi program, pembentukan tim, jadwal supervisi, dan instrument supervisi akademik. 2) Pelaksanaan supervisi menggunaan pendekatan kolaboratif, prinsip praktis, humanis, dan konstruktif. Teknik yang digunakan adalah teknik indivisual dengan observasi. 3) Tindak lanjut supervisi diawali dengan menganalisis hasil supervisi, membuat program tindak lanjut, memberi penghargaan dan penguatan serta memberi kesempatan guru mengikuti kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Supervisi akademik yang dilaksanakan kepala madrasah dapat meningkatkan kinerja guru di MTs PPPI Miftahussalam Banyumas. Kata Kunci : Supervisi Akademik, Kepala Madrasah, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Kepala Madrasah, Kinerja Guru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurul Hidayah sdri
Date Deposited: 07 Jun 2023 01:52
Last Modified: 07 Jun 2023 01:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19481

Actions (login required)

View Item View Item