POLA PENGASUHAN ANAK OLEH ORANG TUA ASUH PENGGANTI DI PANTI ASUHAN AS-SALAM CILACAP (STUDI KOMPARATIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF)

NINDYA SINANTYA, PALUPI (2023) POLA PENGASUHAN ANAK OLEH ORANG TUA ASUH PENGGANTI DI PANTI ASUHAN AS-SALAM CILACAP (STUDI KOMPARATIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NINDYA SINANTYA PALUPI_1817304027_SKRIPSI POLA PENGASUHAN ANAK OLEH ORANG TUA ASUH PENGGANTI (STUDI KOMPARATIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF) (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Anak merupakan amanah sekaligus karunia dari Allah SWT, bahkan anak dianggap sebagai harta kekayaan paling berharga dibanding harta lain. Seperti makhluk hidup pada umumnya, yang mempertahankan jenisnya dengan cara reproduksi atau berkembang biak, demikian pula dengan manusia, kehadiran anak bisa meneruskan atau orang tua pengganti dalam pembentukan akhlak anak, agar perilaku anak dalam keseharian baik seperti sopan santun, ramah-tamah, kejujuran, disiplin dan segala sesuatu yang sesuai dengan ajaran agama islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), bertujuan untuk mengetahui hukum konsep pengasuhan anak orang tua pengganti menurut hukum Islam dan hukum positif. Pengumpulan data dalam penelitian ini, dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Kemudian data analisis dilakukan dengan metode deskriptif analisis, dan metode komparatif. Berdasarkan hasil penelitian, ini dapat disimpulkan bahwa pertama, bahwa Pertama, pola pengasuhan anak oleh orang tua pengganti di Panti Asuhan AsSalam Cilacap terlihat telah berupaya mengaplikasikan norma-norma keislaman dalam berbagai kegiatan hariannya, meskipun bila ada upaya-upaya mengoptimalkan secara praktis hal itu sangat membantu menguatkan nilai-nilai religiusitas warga panti asuhan. Kedua, kesamaiannya dengan norma agama tersebut sudah barang tentu membawa banyak kemaslahatan yang demikian upaya pengasuhan yang ada di Panti Asuhan As-Salam Cilacap merupakan salah satu bentuk dan sekaligus menjadi ciri khas tersendiri dalam mengelola Panti Asuhan, sehingga hal ini adalah gerak konkrit terhadap peraturan perundang-undangan No. 23 Tahun 2002 sebagai bagian penting untuk turut serta melindungi generasi penerus bangsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola pengasuhan anak, Orang tua asuh pengganti
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.37 Menyusui dan Mengasuh
2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
Divisions: Fakultas Syariah > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Nindya Sinantya Palupi sdri
Date Deposited: 29 May 2023 08:00
Last Modified: 29 May 2023 08:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19398

Actions (login required)

View Item View Item