vii PENERAPAN METODE JARIMATIKA DALAM PEMBELAJARAN PERKALIAN KELAS II MI DARWATA KALIJARAN MAOS CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015

IMROATUS SHOLIHAH, 1123310036 (2015) vii PENERAPAN METODE JARIMATIKA DALAM PEMBELAJARAN PERKALIAN KELAS II MI DARWATA KALIJARAN MAOS CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
IMROATUS SHOLIHAH_ PEMBELAJARAN PERKALIAN KELAS II MI DARWATA KALIJARAN MAOS CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (690kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kelas II MI Darwata Kalijaran adalah kelas yang sudah menerapkan metode jarimatika dalam pembelajaran perkalian. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang penerapan metode jarimatika dalam pembelajaran perkalian kelas II MI Darwata Kalijaran Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2014/2015. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Penerapan Metode Jarimatika dalam Pembelajaran Perkalian Kelas II MI Darwata Kalijaran Maos Cilacap Tahun Pelajaran 2014/2015?”. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode jarimatika dalam pembelajaran perkalian kelas II MI Darwata Kalijaran Maos Cilacap Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif, yaitu metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek apa adanya. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode jarimatika dalam pembelajaran perkalian mata pelajaran matematika kelas II MI Darwata Kalijaran. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti dalam menganalisis data menggunakan model yang dikembangkan Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Penerapan Metode Jarimatika dalam Pembelajaran Perkalian Kelas II MI Darwata Kalijaran Maos Cilacap Tahun Pelajaran 2014/2015, terdapat beberapa kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Berbeda dengan di teori langkah – langkah pembelajaran matematika di sekolah dasar hanya ada pelaksanaan pembelajaran dan tidak ada perencanaan dan evaluasi pembelajarannya. Akan tetapi dalam teori langkah – langkah berhitung perkalian menggunakan metode jarimatika, Penerapan Metode Jarimatika dalam Pembelajaran Perkalian Kelas II MI Darwata Kalijaran Maos Cilacap Tahun Pelajaran 2014/2015, sudah sesuai dengan teori yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode jarimatika, pembelajaran perkalian, kelas II di MI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Dec 2016 02:51
Last Modified: 13 Dec 2016 02:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1887

Actions (login required)

View Item View Item