METODE PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI MI DARUL HIKMAH PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

LAILATUL MAGHFIROH, 1123305008 (2015) METODE PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI MI DARUL HIKMAH PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
LAELATUL MAGHFIROH_METODE PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI MI DARUL HIKMAH PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal. Metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan atau dikuasai oleh guru untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa agar pelajaran mudah dipahami sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan maksimal. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Implementasi metode pembelajaran IPS kelas V di MI Darul Hikmah Purwokerto Tahun Pelajaran 2014/2015?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode pembelajaran IPS kelas V di MI Darul Hikmah Purwokerto. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai wawasan bagi guru untuk menggunakan metode pembelajaran serta penerapannya sesuai dengaan tujuan pembelajaran IPS dan sebagai wacana bagi mahasiswa IAIN Purwokerto atau bagi siapapun yang membacanya untuk diguanakan sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini penulis akan menyajikan metode pembelajaran yang diguankan guru dalam pembelajaran IPS di kelas V. Lokasi yang menjadi tempat penelitian adalah MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto. Subjek penelitian adalah guru IPS kelas V dan peserta didik kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis observasi yang digunakan oleh penulis adalah observasi terbuka dimana pengamat melakukan observasi secara terang-terangan. Deskripsi data dalam penelitian ini yaitu menguraikan berbagai macam metode yang diterapkan dalam pembelajaran IPS di kelas V. Penulis menggunakan analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan tentang berbagai macam metode serta penerapannya dalam pembelajaran IPS kelas V di MI Darul Hikmah Purwokerto diperoleh hasil bahwa guru IPS kelas V di MI Darul Hikmah Purwokerto telah menggunakan berbagai macam metode ketika menyampaikan materi pelajaran IPS. Diantaranya adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode latihan atau drill, metode diskusi, dan metode resitasi atau penugasan. Kedudukan metode sangat penting dalam proses pembelajaran dalam menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 09 Dec 2016 08:54
Last Modified: 09 Dec 2016 08:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1873

Actions (login required)

View Item View Item