STRATEGI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV DI MI NEGERI WIRASABA KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

TRI WIBOWO, 102335003 (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV DI MI NEGERI WIRASABA KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text
Tri Wibowo_STRATEGI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB)

Abstract

Kegiatan belajar mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolahsekolah pada tingkat dasar (SD/MI) umumnya hanya menggunakan strategi pembelajaran ekspositori yang berpusat pada guru (teacher centered) yang masih mengikuti kebiasaan dengan urutan pembelajaran yang dimulai dari guru dengan langsung memaparkan materi dan pada bagian akhir pembelajaran mengevaluasi melalui latihan soal. Selain itu, tidak tepatnya guru dalam pemilihan dan penggunaan strategi pembelajaran ditambah lagi dengan kurangnya variasi dalam penggunaan metode pembelajaran makin menjadikan peserta didik menjadi kurang/tidak menguasai materi pembelajaran. Dan pada akhirnya dengan kurang/tidak menguasainya peserta didik terhadap materi mapel IPS menjadikan nilainya menjadi buruk (jauh dari KKM yang ditetapkan). Berkenaan dengan permasalahan tersebut, sesuatu yang berbeda dalam pembelajaran IPS dilakukan oleh guru kelas IV (Siti Khamdiatun, S.Pd) MI Negeri Wirasaba Bukateja. Guru tersebut dalam pembelajaran, khususnya pada mapel IPS menggunakan strategi pembelajaran aktif (active learning strategies). Dengan penggunaan strategi pembelajaran aktif tersebut, pembelajaran IPS menjadi pelajaran yang menyenangkan, tidak membosankan, serta lebih mudah dalam memahami dan menguasai materi. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis rumuskan permasalahan sebagai berikut: “Bagaimana Strategi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV di MI Negeri Wirasaba Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2013/2014?”. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh setelah melakukan penelitian, penulis menggunakan analisis data deskriptif dengan cara mereduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi (analisis data model Miles and Huberman). Hasil dari penelitian ini, bahwa pelaksanaan strategi pembelajaran yang diterapkan guru dalam mapel IPS kelas IV di MI Negeri Wirasaba Bukateja secara umum terbagi menjadi tiga langkah yaitu: perencanaan (waktu, urutan kegiatan pembelajaran, metode, dan media/bahan pembelajaran), pelaksanaan (kegiatan pendahuluan/awal, kegiatan inti, kegiatan penutup/akhir dan tindak lanjut), evaluasi. Adapun strategi pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran IPS yaitu: reading aloud, active knowledge sharing, ekspositori, ceramah plus, small group discussion, serta around the group. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 13 Dec 2016 09:32
Last Modified: 13 Dec 2016 09:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1870

Actions (login required)

View Item View Item