PENERAPAN PERMAINAN EDUKATIF DALAM PENGAMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BAJAREJA KECAMATAN KUWARASAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

ULIN NABATIN, 102331069 (2014) PENERAPAN PERMAINAN EDUKATIF DALAM PENGAMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BAJAREJA KECAMATAN KUWARASAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (828kB) | Preview
[img] Text
Ulin Nabatin_PENERAPAN PERMAINAN EDUKATIF DALAM PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dunia anak adalah dunia bermain. Bermain dalam dunia pendidikan Taman Kanak-Kanak mashur dengan sebutan permainan edukatif. Permainan edukatif merupakan cara yang paling baik untuk mengambangkan kemampuan peserta didik sesuai kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum. Melalui bermain anak memperoleh dan memproses informasi belajar hal-hal yang baru dan melatih melalui ketrampilan yang ada. Bermain disesuaikan dengan perkembangan anak dimulai dari bermain sambil belajar (unsur bermain lebih besar) ke belajar sambil bermain (unsur belajar lebih besar). Permainan yang digunakan di TK adalah permainan yang merangsang kreativitas anak, menyenangkan dan mengandung unsur edukasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Permainan Edukatif dalam Pengembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Banjareja Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan pola berfikir induktif. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis, bahwa Penerapan Permainan Edukatif Dalam Pengembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral di Tk ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Banjareja Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014 meliputi: bagaimana penerapan permainan edukatif, manfaat edukasinya dan beberapa permainan edukatif dalam pengembangan nilai-nilai agama dan moral di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Banjareja yaitu: Permainan Edukatif Tepuk, Puzzle Hijaiyyah, Permainan Edukatif Menyanyi, Rihlah/Tadabur Alam (Karyawisata) dan Cerita/Dongeng. Dalam penelitian ini dapat simpulkan bahwa penerapan permainan edukatif cocok diterapkan dalam Pengembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Banjareja Kebumen, sesuai dengan perkembangan anak dan kompetensi yang harus dicapai dengan cara yang asyik dan menyenangkan. Kata kunci: Permainan Edukatif, Nilai-Nilai Agama Dan Moral, TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Banjareja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 14 Dec 2016 00:37
Last Modified: 14 Dec 2016 00:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1861

Actions (login required)

View Item View Item