METODE PEMBELAJARAN IPA KELAS ATAS DI MI NEGERI PURBASARI KECAMATAN KARANGJAMBU KABUPATEN PURBALINGGA

DARA UNIKA AN’ASYIKI, 1123305025 (2015) METODE PEMBELAJARAN IPA KELAS ATAS DI MI NEGERI PURBASARI KECAMATAN KARANGJAMBU KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
DARA UNIKA AN'ASYIKI_METODE PEMBELAJARAN IPA KELAS ATAS DI MIN PURBASARI KARANGJAMBU PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (784kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran adalah suatu cara yang digunakan guru untuk membelajarkan siswa supaya terjadi perubahan tingkah laku dan meningkatkan pengetahuan dan pengalaman pada diri siswa. Sedangkan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan suatu kumpulan teori yang sistematis, penerapannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam, lahir dan berkembang melalui metode observasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan metode pembelajaran IPA di MI Negeri Purbasari kecamatan Karangjambu kabupaten Purbalingga”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan penerapan metode pembelajaran IPA di MI Negeri Purbasari kecamatan Karangjambu kabupaten Purbalingga pada tahun pelajaran 2014/2015. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai wawasan bagi guru untuk menggunakan metode serta penerapannya sesuai dengaan tujuan pembelajaran IPA dan sebagai wacana bagi mahasiswa IAIN Purwokerto atau bagi siapapun yang membacanya untuk digunakan sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini penulis akan menyajikan metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas IV dan V MI Negeri Purbasari. Subjek penelitian adalah guru kelas IV dan kelas V, siswa kelas IV dan V dan kepala madrasah. Penulis menggunakan analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang penulis dilakukan tentang penerapan metode pembelajaran dalam pembelajaran IPA kelas IV dan V di MI Negeri Purbasari diperoleh hasil bahwa metode yang digunakan antara lain metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode demonstrasi, metode tugas atau resitasi, dan metode eksperimen. Selain itu, guru kelas IV maupun guru kelas V dalam pembelajarannya mengkombinasikan metode lain, maksudnya dalam menyampaikan materi dalam satu pertemuan tidak hanya menggunakan satu metode saja tetapi menggabungkan antara metode yang satu dengan yang lainnya sehingga metode yang digunakan bervariasi dan siswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, Pembelajaran, IPA, MI, Kelas Atas
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Dec 2016 08:54
Last Modified: 08 Dec 2016 08:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1859

Actions (login required)

View Item View Item