PARENTAL INVOLVEMENT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MERDEKA BELAJAR DI MIN 22 JAKARTA

Sri, Rahayu (2022) PARENTAL INVOLVEMENT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MERDEKA BELAJAR DI MIN 22 JAKARTA. Masters thesis, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Sri Rahayu_PARENTAL INVOLVEMENT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MERDEKA BELAJAR DI MIN 22 JAKARTA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Merdeka Belajar menjadi respon terhadap revolusi industri 4.0. Kemenag memproyeksikan penguatan karakter berciri khas madrasah dengan memberikan ruang fleksibilitas bagi madrasah dalam pengelolaannya. Kolaborasi lintas pihak menjadi poin penting dalam kebijakan merdeka belajar salah satunya dengan melibatkan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi hubungan dan peran parental involvement (keterlibatan orang tua) dalam pendidikan terhadap pembentukan karakter peserta didik merdeka belajar di MIN 22 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode kombinasi dengan pendekatan sequential explanatory design. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara parental involvement dalam pendidikan terhadap pembentukan karakter peserta didik merdeka belajar di MIN 22 Jakarta. Subjek penelitian ini adalah orang tua dan peserta didik kelas 5 MIN 22 Jakarta dengan sumber data kuesioner, dokumen foto, video, dan buku kerja administrasi guru. Validitas kuesioner dilakukan dengan validitas logis yang diuji kesahihannya oleh dua orang ahli, dan uji validitas empiris menggunakan SPSS versi 24 dengan metode corrected item total correlation. Uji reliabilitas menggunakan perhitungan alpha cronbach. Penentuan sampling dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan sampling error 5%. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji korelasi Pearson product moment untuk mengetahui ada tidaknya dan arah hubungan antar variabel, dan uji signifikansi korelasi product moment (uji-t) dua pihak untuk mengetahui signifikansi hubungan. Teknik pengumpulan data kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik analisis data kualitatif dalam penelitian ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman yang dilakukan secara interaktif, yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, klasifikasi dan penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian kuantitatif didapatkan nilai Pearson correlation rhitung > rtabel yaitu 0,430 > 0,227 dan hasil uji signifikansi thitung > ttabel yaitu 4,365 > 1,665 artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara parental involvement dalam pendidikan terhadap pembentukan karakter peserta didik merdeka belajar di MIN 22 Jakarta. Semakin baik parental involvement dalam pendidikan semakin baik pula pembentukan karakter peserta didik merdeka belajar di MIN 22 Jakarta. Tiap dimensi keterlibatan orang tua berperan dalam pembentukan karakter peserta didik merdeka belajar, yaitu (1) pengasuhan berperan dalam pembentukan karakter komitmen, mandiri, dan mampu membaca Al Quran dengan baik dan benar; (2) komunikasi membentuk karakter komitmen, mandiri, gemar dan mampu berliterasi; (3) dimensi belajar di rumah membentuk karakter komitmen, mandiri serta gemar dan mampu berliterasi; dan (4) kesukarelaan, membuat keputusan, dan kerja sama membentuk karakter komitmen dan mandiri

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan Orang Tua, Pembentukan Karakter, Merdeka Belajar.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 370.7 Research and Statistical Methods
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
500 Natural sciences and mathematics > 501 Philosophy and theory
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sri Rahayu sdri
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:40
Last Modified: 10 Apr 2023 04:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18532

Actions (login required)

View Item View Item