METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS RENDAH PADA SD NEGERI 3 DERMASARI KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Salimah, 1123304121 (2014) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS RENDAH PADA SD NEGERI 3 DERMASARI KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text
Salimah_METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)

Abstract

Latar belakang dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengatahui penggunaan metode pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas rendah SD Negeri 3 dermasari Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara. Penulis tertarik malakukan penelitian pada kelas rendah karena peserta didik di kelas rendah dalam proses belajar mengajar kebanyakan masih suka bermain-main sendiri, malu bertanya dan pasif dalam pembelajaran, sehingga guru harus menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan perkembangan peserta didik pada kelas rendah. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam SD Negeri 3 Dermasari Susukan Banjarnegara Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, Metode ceramah, Ceramah digunakan guru untuk menyampaikan apa yang diketahui sebagai informasi, ceramah dipakai tidak hanya untuk mencapai tingkat kognitif tetapi juga afektif dengan guru mampu merangsang antusiasme dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk melakukan hal-hal yang baik yang telah dipelajari. Di kelas III metode ceramah digunakan pada Kompetensi Dasar "Menyebutkan sifat mustahil Allah". Kedua Metode tanya jawab, Metode ini digunakan untuk mengembangkan pemahaman siswa terhadap penguasaan materi pembelajaran. Metode ini di digunakan di kelas II pada kompetensi dasar " Mengenal Asmaul Husna". Ketiga Metode resitasi / penugasan, Metode resitasi adalah pemberian tugas kepada siswa di luar jam pelajaran. Metode resitasi yang digunakan dalam pembelajaran PAI lebih banyak dalam bentuk pekerjaan rumah (PR) baik yang bersifat tertulis seperti mengerjakan LKS maupun tugas kelompok untuk mengumpulkan hasil karya. Keempat Metode Karya Wisata merupakan metode pembelajaran dimana siswa dibawah bimbingan guru mengunjungi tempet-tempet tertentu dengan maksud untuk mempelajari objek belajar ditempat itu. Metode karya wisata yang pernah dilakukan guru PAI di SD Negeri 3 Dermasari yaitu dengan berkunjung ke sawah dan sungai di sekitar sekolah untuk menyaksikan dan mensukuri nikmat Allah. Kelima Metode Demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukkan kepada peserta didik suatu proses, Metode demonstrasi yang diterapakan pada pembelajaran PAI di SD Negeri 3 Dermasari yaitu pada materi "Praktek Wudhu" dan "Praktek Sholat Fardhu" .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 13 Dec 2016 01:17
Last Modified: 13 Dec 2016 01:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1845

Actions (login required)

View Item View Item