PERAN UPK PNPM MANDIRI PEDESAAN DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENYALURAN PEMBIAYAAN PINJAMAN BERGULIR (Studi Kasus Masyarakat Desa Karanggintung Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas)

Asiatul, Mungawanah (2023) PERAN UPK PNPM MANDIRI PEDESAAN DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENYALURAN PEMBIAYAAN PINJAMAN BERGULIR (Studi Kasus Masyarakat Desa Karanggintung Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSIASIIATULMUNGAWANAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK UPK PNPM Mandiri merupakan sebuah lembaga keuangan yang mempunyai tanggung jawab dalam menurunkan kemiskinan dan memperluas kesemppatan kerja serta dapat mensejahterakan perekonomian masyarakat. UPK PNPM-MP juga merupakan salah satu lembaga keuangan program pemberdayaan yang terbesar di indonesia. UPK PNPM Mandiri Pedesaan berfokus kepada penyediaan pinjaman modal bagi masyarakat untuk pengembangan ekonomi yang diterimanya secara bergulir dan berkelompok. Penelitian yang digunakan adalah penelitian langsung atau penilitian lapangan. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa data yang di dikumpulkan oleh peneliti dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pihak UPK PNPM Mandiri Pedesaan dan anggota kelompok SPP, sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dengan adanya lembaga UPK PNPM Mandiri Pedesaan di tiap Kecamatan, telah banyak membantu masyarakat mencukupi beban ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan UPK PNPM Mandiri secara tidak langsung telah membuka kesempatan kerja dan mengurangi penganguran. Dengan pinjaman modal yang diberikan membuat masyarakat lebih terpacu untuk membuka dan menjalankan usahanya. Dalam fiqh klasik al-qardh di kelompokkan dalam akad ta’awuni atau yang biasa disebut dengan tolong menolong, sebab dalam UPK PNPM Mandiri Pedesaan dana yang diberikan untuk menolong warga yang membutuhkan atau warga yang miskin. Kata Kunci : Peran, UPK PNPM, Pinjaman Bergulir, Pengembangan Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Peran, UPK PNPM, Pinjaman Bergulir, Pengembangan Ekonomi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Asiatul Mungawanah sdri
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:41
Last Modified: 02 Mar 2023 08:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18442

Actions (login required)

View Item View Item